relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71657/ title: OPTIMALISASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI MELALUI GERAKAN READING CORNER DI SMK ISLAM KREMBUNG, SIDOARJO, JAWA TIMUR creator: Mohammad Nurul Yaqin, NIM.: 23204091019 subject: 374.012 4 Pendidikan dan Literasi description: Budaya literasi di lingkungan sekolah masih menjadi tantangan yang perlu diatasi, terutama terkait rendahnya minat baca peserta didik. Gerakan Reading Corner hadir sebagai salah satu solusi untuk mengoptimalkan manajemen peserta didik melalui pendekatan literasi yang terstruktur. Di SMK Islam Krembung, program ini telah diimplementasikan sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca dan membangun budaya literasi yang lebih kuat. Namun, efektivitas penerapan manajemen peserta didik dalam mendukung gerakan ini masih membutuhkan evaluasi dan penguatan agar hasil yang dicapai benar-benar optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa aspek, antara lain: 1) Untuk mengetahui tentang optimalisasi manajemen peserta didik di SMK Islam Krembung; 2) Untuk mengetahui tentang budaya literasi dalam meningkatkan minat baca dan keterampilan literasi siswa di SMK Islam Krembung; 3) Untuk menganalisis apa saja permasalahan dalam menerapkan gerakan reading corner di SMK Islam Krembung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi lapangan. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, observasi, dan wawancara mendalam. Wawancara dilakukan terhadap beberapa informan yang terdiri dari kepala sekolah, guru pembimbing literasi, pustakawan, dan beberapa peserta didik yang terlibat langsung dalam program Reading Corner. Analisis data dilakukan melalui tahapan kondensasi data, penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data, digunakan teknik triangulasi sumber guna memastikan validitas dan reliabilitas temuan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dengan judul Optimalisasi Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Budaya Literasi Melalui Gerakan Reading Corner di SMK Islam Krembung, ditemukan bahwa: (1) Optimalisasi Manajemen Peserta Didik dalam Mendukung Pelaksanaan Gerakan Reading Corner, meliputi a) Penyediaan Fasilitas yang Memadai, b) Integrasi Literasi dalam Kurikulum, c) Penggunaan Teknologi Digital, d) Program Literasi Rutin; e) Monitoring dan Evaluasi (Monev) Berkala. (2) Budaya Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca dan Keterampilan Literasi Siswa melalui beberapa aspek di antaranya, a) Konsep Dasar dan Urgensi Budaya Literasi di Sekolah; b) Dampak Positif Budaya Literasi Strategi; c) Pelaksanaan Budaya Literasi; d) Prestasi dan Pencapaian Siswa melalui Program Literasi; e) Peluang Pengembangan dan Masa Depan Budaya Literasi (3). Permasalahan-permasalahan dalam Menerapkan Gerakan Reading Corner, meliputi a) Minat Baca (Reading Interest); b) Motivasi Belajar (Learning Motivation) b) Motivasi Belajar (Learning Motivation); c) Lingkungan Belajar (Learning Environment); d) Pengelolaan Program Pendidikan (Educational Program Management); e) Keterlibatan Siswa (Student Engagement); f) Perubahan Perilaku (Behavior Change); g) Literasi Multidimensi (Multidimensional Literacy) date: 2025-06-11 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71657/1/23204091019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71657/2/23204091019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Mohammad Nurul Yaqin, NIM.: 23204091019 (2025) OPTIMALISASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI MELALUI GERAKAN READING CORNER DI SMK ISLAM KREMBUNG, SIDOARJO, JAWA TIMUR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.