eprintid: 71668 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/16/68 datestamp: 2025-07-08 04:16:38 lastmod: 2025-07-08 04:16:38 status_changed: 2025-07-08 04:16:38 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Rizka Safitri, NIM.: 23204081016 title: PENGEMBANGAN ACTIVITY BOOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD/MI ispublished: pub subjects: 371.36 subjects: 510.7 divisions: jur_pgmi2 full_text_status: restricted keywords: book learning media; mathematics learning; fractions; conceptual understanding note: Dr. Sintha Sih Dewanti, S.Pd.Si.,M.Pd.Si. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan hasil pengembangan activity book untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan representasi matematis siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD/MI. 2) menganalisis kelayakan produk hasil pengembangan activity book untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan representasi matematis siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD/MI berdasarkan penilaian reviewer. 3) menganalisis efektivitas activity book dalam meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan representasi matematis siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD/MI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE dengan lima tahapan yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, lembar validasi, lembar penilaian, lembar respon, dan tes. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan validasi produk oleh para ahli. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis data validasi produk oleh para ahli, penilaian produk oleh guru, dan uji efektivitas produk dilakukan dengan membandingkan skor pretest dan posttest menggunakan uji pairet sample t-test berbantuan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa activity book yang dikembangkan memiliki karakteristik yaitu: interaktif, melibatkan siswa, memuat beragam aktivitas dengan tingkat kesulitan yang beragam, visual yang menarik, dan fleksibel. Activity book ini dinilai layak berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa activity book berada pada kategori sangat valid. Selain itu hasil penilaian dari guru menunjukkan bahwa media activity book termasuk kategori sangat baik, dan respon siswa terhadap activity book sangat positif dengan tingkat kemenarikan mencapai 91,66%. Media activity book terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan representasi matematis sebagaimana ditunjukkan oleh perbedaan rata-rata skor pretest dan posttest yang signifikan. Hasil analisis dari pretest pemahaman konsep menunjukkan bahwa nilai rata-rata 68,76 meningkat pada posttest menjadi 87,90. Sedangkan hasil analisis dari pretest kemampuan representasi matematis menunjukkan bahwa nilai rata-rata 66,19 meningkat pada posttest menjadi 89,95. Hasil uji normalitas pemahaman konsep menunjukkan nilai signifikansi pretest 0,377 dan posttest 0,173, sedangkan kemampuan representasi matematis menunjukkan nilai signifikansi pretest 0,421 dan posttest 0,232. Karena seluruh nilai signifikansi > 0,05, maka H0 diterima, sehingga data berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan setelah memastikan data berdistribusi normal. Analisis korelasi menunjukkan hubungan signifikan antara pretest dan posttest, dengan korelasi pemahaman konsep sebesar 0,469 (sig = 0,032) dan korelasi kemampuan representasi matematis sebesar 0,701 (sig = 0,000). Hasil uji uji paired sample t-test dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa media activity book efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan representasi matematis. date: 2025-06-13 date_type: published pages: 230 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Rizka Safitri, NIM.: 23204081016 (2025) PENGEMBANGAN ACTIVITY BOOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD/MI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71668/1/23204081016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71668/2/23204081016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf