%0 Thesis %9 Masters %A Suci Skar Kinanti., NIM.: 23204081004. %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:71669 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K keaktifan siswa; keterampilan berpikir; LKPD %P 203 %T PENGEMBANGAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN MENUMBUHKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS SD/MI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71669/ %X Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengembangkan LKPD IPAS materi “melihat karena cahaya mendengar karena bunyi” pada siswa kelas V. (2) untuk mengetahui kualitas LKPD IPAS materi “melihat karena cahaya mendengar karena bunyi” pada siswa kelas V. (3) untuk mengetahui efektivitas LKPD Media LKPD IPAS materi melihat karena Cahaya mendengar karena bunyi pada siswa kelas V. (4) untuk mengetahui peran LKPD IPAS materi melihat karena cahaya mendengar karena bunyi dapat menumbuhkan keaktifan siswa. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE: analysis, design, development, implementation, and evaluation. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, lembar validasi, lembar penilaian dan tes. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan validasi produk oleh para ahli. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis data penilaian produk oleh guru dan uji efektivitas produk dilakukan dengan membandingkan skor pretest dan posttest menggunakan uji Wilcoxon berbantuan SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan dengan beberapa tahapan ADDIE menghasilkan beberapa temuan, yaitu: 1) telah berhasil dikembangkan LKPD IPAS materi “melihat karena cahaya mendengar karena bunyi” yang dikembangkan dengan metode ADDIE menghasilkan produk yang layak digunakan pada siswa dalam proses pembelajaran. 2) kualitas produk yang diperoleh hasil 86% dari ahli media dan 95% dari ahli materi yang termasuk pada kategori “sangat layak” digunakan. 3) LKPD efektif ditunjukkan dari data pada uji t test menggunakan bantuan aplikasi SPSS 22 dengan uji Wilcoxon dan mendapatkan hasil 0,013 yang berarti kurang dari 0,05 sehingga dikatakan terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah LKPD diimplementasikan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka LKPD layak, efektif dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran pada siswa. 4) LKPD IPAS materi “melihat karena cahaya mendengar karena bunyi” mampu menumbuhkan keaktifan siswa dapat dilihat proses pembelajaran siswa berperan aktif dengan mendengarkan saat guru menjelaskan, menulis atau mempergunakan LKPD dengan baik, menyelesaikan persoalan dan tugas yang diberikan guru, dan bertanya kepada guru, hal tersebut menunjukkan bahwa siswa telah aktif, walaupun pada indikator menjawab dan menyampaikan pendapat siswa masih kurang. Maka dari itu dapat dilihat bahwa media LKPD dapat menumbuhkan keaktifan siswa. %Z Dr. Siti Fatonah, S.Pd., M.Pd.