%A NIM.: 23204031015 Yenny Wardati Arifah. %O Dr. Sigit Prasetyo, S.Pd.I., M.Pd.Si. %T PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KALIKA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI PRA-MEMBACA PADA KELOMPOK B %X Kemampuan literasi pra-membaca merupakan fondasi penting dalam tahapan perkembangan anak usia dini, khususnya dalam mempersiapkan mereka menghadapi jenjang pendidikan selanjutnya. Adanya inovasi media pembelajaran yang menarik, interaktif, dan sesuai dengan karakteristik perkembangan anak dapat membantu kegiatan pembelajaran literasi pra-membaca. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk APE KALIKA untuk meningkatkan literasi pra-membaca pada kelompok B, (2) memperoleh produk APE KALIKA yang layak untuk meningkatkan literasi pra-membaca pada kelompok B, (3) memperoleh produk APE KALIKA yang efektif untuk meningkatkan literasi pra-membaca pada kelompok B. Peneliti menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Produk diuji kelayakan oleh ahli materi, ahli media dan ahli praktisi. Penelitian dilakukan pada anak kelompok B di BA Aisyiyah Tanjungsari dan kelompok B di BA Aisyiyah Kranggan. Subjek uji coba melibatkan 14 siswa dan subjek uji skala besar 22 siswa. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan uji normalitas, uji paired sample t-test, dan uji N-Gain untuk mencari keefektifan produk berdasarkan nilai pretest dan postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Telah dihasilkan APE KALIKA memuat pembelajaran literasi pra-membaca dengan tema kendaraan / alat transportasi untuk anak Kelompok B, memiliki beberapa elemen meliputi kincir KALIKA, kincir tantangan, buku panduan, kartu huruf, kartu literasi, kartu tantangan dan spidol., (2) Telah diperoleh produk pengembangan APE yang layak digunakan untuk meningkatkan literasi pra-membaca. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi dari ahli materi memperoleh skor rata-rata 97% kategori sangat layak, validasi dari ahli media memperoleh skor rata-rata 90,38% kategori sangat layak dan ahli praktisi memperoleh skor rata-rata sebesar 97,5% kategori sangat layak., (3) Telah diperoleh pengembangan APE yang efektif untuk meningkatkan literasi pra-membaca. Hal ini dibuktikan dengan uji efektivitas N-Gain. Hasil uji coba skala kecil di BA Aisyiyah Kranggan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam kemampuan literasi pra-membaca anak, dengan nilai N-Gain sebesar 0,81 (kategori tinggi). Demikian pula, pada uji coba skala besar di BA Aisyiyah Tanjungsari, diperoleh nilai NGain sebesar 0,83 (kategori tinggi). Hasil uji statistik Paired Sample T-Test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest setelah penggunaan APE KALIKA, dengan nilai signifikansi (Sig. (2-tailed)) sebesar 0,000 (p < 0,05). %K APE KALIKA; literasi pra-membaca; R&D; Model ADDIE %D 2025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib71670