TY - THES N1 - Dr. Adhi Setiyawan, S.Pd.,M.Pd. ID - digilib71674 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71674/ A1 - Nur Azizah Rahmawati, NIM.: 18104020054 Y1 - 2025/05/08/ N2 - Rendahnya penguasaan mufrodat dan minimnya optimalisasi penggunaan media pembelajaran bahasa Arab menjadi salah satu problem pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas pembelajaran bahasa Arab melalui lagu. Selain itu, penelitian ini untuk menganalisis respon peserta didik dalam pembelajaran mufrodat melalui lagu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan Quasi Experimental Design. Populasi penelitian dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyyah Nurul Ummah Yogyakarta.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode eksperimen, observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Aplikasi olah data menggunakan aplikasi software SPSS 29. Hasil penelitian berdasarkan aplikasi olah data dalam penelitian ini menggunakan uji T pada kelas eksperimen pada sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (treatment) berupa penggunaan media lagu menunjukkan bahwa uji T nilai posttest didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,001<0,05 yang artinya terdapat peningkatan sehingga ada perbedaan signifikan pada hasil belajar peserta didik kelas eksperimen. Respons peserta didik menunjukkan presepsi yang baik. Hal ini dapat dilihat dari kinerja peserta didik apabila ditugaskan untuk memahami materi yang disampaikan guru melalui lagu, peserta didik mampu mengerjakan, menulis, dan melafalkan mufrodat. Berdasarkan hal tersebut, pembelajaran mufrodat melalui lagu dinyatakan efektif bagi peserta didik kelas IV. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Mufrodat KW - Media KW - Respons Peserta Didik M1 - skripsi TI - EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MUFRODAT MELALUI LAGU DI MI NURUL UMMAH YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2024/2025 AV - restricted EP - 148 ER -