eprintid: 71676 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/16/76 datestamp: 2025-07-08 06:36:21 lastmod: 2025-07-08 06:36:21 status_changed: 2025-07-08 06:36:21 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Muhammad Husnul ‘Abid, NIM.: 21104010008 title: ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI MAN 2 SLEMAN DAN MAN 2 BANTUL DALAM KONTEKS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) ispublished: pub subjects: 297.77 divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Guru PAI, Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK note: Asniyah Nailasariy, M.Pd.I. abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi dari urgensi peningkatan kualitas pendidikan di era abad ke-21 yang ditandai oleh integrasi teknologi dalam proses pembelajaran, sehingga menuntut guru, khususnya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), untuk memiliki penguasaan kompetensi pedagogik dan profesional yang selaras dengan kerangka Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK). Realitanya, masih ada guru PAI yang belum optimal dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran karena keterbatasan kompetensi maupun sarana pendukung. Padahal, kemampuan untuk mengelola pembelajaran (pedagogik) dan menguasai materi ajar (profesional) secara terpadu dengan teknologi menjadi kunci efektivitas pembelajaran di abad ke-21. Minimnya kajian yang secara khusus menganalisis keterkaitan antara kompetensi pedagogik dan profesional guru PAI dalam konteks penerapan TPACK menegaskan perlunya penelitian ini dilakukan. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru PAI di MAN 2 Sleman dan MAN 2 Bantul dalam konteks TPACK guna mewujudkan proses Pendidikan Agama Islam yang relevan dan bermakna bagi peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara semi terstruktur kepada guru PAI yang ada di lokasi penelitian, pengamatan observasi non partisipan pada proses pembelajaran, serta dokumentasi berupa dokumen perangkat pembelajaran. Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan data peneltian ini dilakukan dengan metode triangulasi sumber maupun triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MAN 2 Sleman dan MAN 2 Bantul telah dalam konteks kerangka Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) telah diimplementasikan dengan baik, yang tercermin dari kemampuan guru dalam merancang pembelajaran, memahami karakteristik siswa, menguasai materi ajar, serta memanfaatkan teknologi secara integratif dalam proses pembelajaran; (2) implementasi TPACK di MAN 2 Sleman dan MAN 2 Bantul dipengaruhi oleh berbagai faktor pendukung seperti tersedianya fasilitas teknologi, kebijakan sekolah yang mendukung, kemampuan guru dalam menggunakan teknologi, dukungan siswa, serta pelatihan profesional, namun juga dihadapkan pada beberapa hambatan seperti keterbatasan akses dan keterampilan teknologi, kendala infrastruktur, keterbatasan waktu, serta masalah konektivitas dan koneksi internet. date: 2025-06-03 date_type: published pages: 263 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Muhammad Husnul ‘Abid, NIM.: 21104010008 (2025) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI MAN 2 SLEMAN DAN MAN 2 BANTUL DALAM KONTEKS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71676/1/21104010008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71676/2/21104010008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf