eprintid: 71677 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/16/77 datestamp: 2025-07-08 06:37:54 lastmod: 2025-07-08 06:37:54 status_changed: 2025-07-08 06:37:54 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Nuri Syifa Azzahra, NIM.: 21104010010 title: STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DISABILITAS NETRA DALAM MENGAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA KELAS X DI MAN 4 BANTUL TAHUN AJARAN 2024/2025 ispublished: pub subjects: 371.36 divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Strategi Pembelajaran, Guru Penyandang Disabilitas Netra, Sejarah Kebudayaan Islam note: Dr. Akhmad Sholeh, S.Ag., M.Si abstract: Latar belakang masalah penelitian ini bermula dari fenomena adanya guru penyandang disabilitas netra ditempatkan mengajar di Madrasah Aliyah Negeri yang bukan inklusi dan memiliki peserta didik non-disabilitas. Penelitian ini juga berfokus pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), yang mana pelajaran ini menuntut pemahaman kronologis, analisis historis, serta pemetaan peristiwa yang sering kali bergantung pada elemen visual seperti peta, serta peninggalan-peninggalan bersejarah lainnya. Oleh karena itu guru penyandang disabilitas netra memiliki peran yang kompleks dalam mengembangkan strategi pembelajaran efektif, efisien serta dituntut mampu mengatasi keterbatasan masalah yang mereka miliki. Selain mengulik perihal strategi pembelajaran, penelitian ini juga bertujuan mengetahui tantangan yang dihadapi oleh guru penyandang disabilitas netra dan juga bagaimana peserta didik kelas X memaknai proses pembelajaran yang dipandu oleh guru penyandang disabilitas netra di MAN 4 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah guru penyandang disabilitas netra yang ada di MAN 4 Bantul, Waka Kurikulum, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan data, penulis menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data, kemudian kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) strategi pembelajaran guru penyandang disabilitas netra dalam mengajar SKI diantaranya diskusi kelompok kecil, partisipasi aktif siswa, metode tanya jawab dan elaborasi, serta metode pendekatan empati historis 2) tantangan yang dihadapi guru penyandang disabilitas netra dalam melaksanakan strategi pembelajaran SKI meliputi, tantangan penyampaian materi di kelas, tantangan dalam penggunaan media dan teknologi, tantangan dalam interaksi antara siswa dengan guru lain, serta tantangan dalam administrasi dan penilaian 3) pemaknaan peserta didik kelas X memaknai proses pembelajaran menunjukkan hasil bahwa guru penyandang disabilitas netra menunjukkan peran sangat penting dalam membangun pemahaman siswa terhadap materi SKI date: 2025-06-04 date_type: published pages: 196 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nuri Syifa Azzahra, NIM.: 21104010010 (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DISABILITAS NETRA DALAM MENGAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA KELAS X DI MAN 4 BANTUL TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71677/1/21104010010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71677/2/21104010010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf