relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71680/ title: EVALUASI PROGRAM KELAS I’DAD DI MA ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN 2023/2024 (PERSPEKTIF MODEL EVALUASI CIPP) creator: Moh. Izzuddin Abdillah, NIM.: 21104090066 subject: 371.2 Pendidikan - Manajemen description: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan pengetahuan dan kemampuan antara siswa non-pesantren dengan siswa yang telah memiliki dasar pendidikan pesantren di MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta, sehingga memerlukan solusi berupa program khusus. Program kelas I’dad diselenggarakan sebagai upaya penyetaraan kemampuan dasar siswa non-pesantren agar dapat beradaptasi dan mengikuti pembelajaran di lingkungan madrasah berbasis pesantren secara optimal. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pelaksanaan program kelas I’dad tahun ajaran 2023/2024 menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang efektivitas program, mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan, serta menjadi acuan pengembangan program selanjutnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta dengan subjek penelitian meliputi guru, siswa, dan pengelola program kelas I’dad. Pengambilan data dilakukan melalui teknik observasi langsung terhadap pelaksanaan program, wawancara mendalam dengan berbagai pihak terkait, serta dokumentasi untuk memperoleh data yang komprehensif. Data yang terkumpul dianalisis secara sistematis menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product), dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan guna menilai efektivitas setiap aspek program kelas I’dad di MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pada aspek konteks, program kelas I’dad di MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta telah dirancang secara relevan untuk menjawab kebutuhan siswa yang belum memiliki dasar ilmu keagamaan dan bahasa Arab. (2) pada aspek Input, program ini didukung oleh tenaga pendidik yang kompeten, kurikulum adaptif, serta sarana dan prasarana yang memadai. (3) pada aspek proses, pelaksnaan pembelajaran berjalan efektif dengan metode yang bervariasi dan evaluasi berkala. (4) pada aspek produk, program berhasil meningkatkan kemampuan akademik dan karakter siswa secara signifikan. Tingkat keberhasilan program mencapai 98%, membuktikan bahwa program kelas I’dad efektif dalam membekali siswa untuk mengikuti pendidikan di kelas reguler secara optimal. date: 2025-05-21 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71680/1/21104090066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71680/2/21104090066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Moh. Izzuddin Abdillah, NIM.: 21104090066 (2025) EVALUASI PROGRAM KELAS I’DAD DI MA ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN 2023/2024 (PERSPEKTIF MODEL EVALUASI CIPP). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.