%0 Thesis %9 Skripsi %A Kaafin ‘Abdul Mu’iz, NIM.: 21104010029 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:71681 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pengembangan, Konten, Edukatif, Tiktok, Judi Online, Pendidikan, Islam %P 219 %T PENGEMBANGAN KONTEN EDUKATIF TENTANG DAMPAK JUDI ONLINE DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM MELALUI TIKTOK UNTUK PESERTA DIDIK SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71681/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya iklan judi online yang tersebar luas di berbagai platform media sosial, termasuk TikTok. Generasi muda, khususnya peserta didik jenjang SMA, merupakan kelompok yang rentan terpapar dampak negatif dari konten digital tersebut karena termasuk pengguna dominan media sosial TikTok. TikTok, sebagai salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia, dinilai potensial sebagai media penyampaian konten edukatif yang bersifat visual, ringkas, dan menarik. Meskipun konten edukatif tentang judi online sudah tersedia di TikTok, mayoritas hanya menyoroti sisi sosial dan ekonomi tanpa menyentuh nilai-nilai keislaman. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan konten edukatif yang membahas dampak judi online dalam perspektif Pendidikan Islam dengan pendekatan Maqashid asy- Syari’ah, khususnya ditujukan bagi peserta didik SMA Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan peserta didik, merancang dan mengembangkan media, serta mengevaluasi kelayakan konten melalui validasi ahli dan uji coba terbatas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate), yang dalam pelaksanaannya dibatasi hingga tahap ketiga (Develop). Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, kuesioner, dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan melalui validasi instrumen, penilaian kualitas produk oleh ahli, dan analisis respons peserta didik terhadap produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat kebutuhan nyata akan pengembangan konten edukatif tentang dampak judi online dalam perspektif Pendidikan Islam melalui TikTok untuk peserta didik SMA Negeri 4 Yogyakarta. (2) Konten dirancang dalam format video pendek berbasis narasi dan footage visual, dengan tahapan meliputi penyusunan naskah, pembagian scene, perekaman voiceover, pencarian footage, penyuntingan audio-visual, serta penambahan subtitle. (3) Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa konten edukatif ini termasuk dalam kategori “sangat layak”, dengan rata-rata skor 3,916 dari ahli materi, 3,666 dari ahli media, dan 4,35 dari peserta didik. Revisi dilakukan berdasarkan saran yang diberikan, mencakup penambahan subtitle, peningkatan kualitas backsound, penyempurnaan visual, serta penambahan pertanyaan retoris sebagai penguat pesan moral. Produk akhir berupa video edukatif berdurasi ±2 menit 22 detik yang telah divalidasi dan diuji coba secara terbatas di lapangan. %Z Asniyah Nailasariy, M.Pd.