<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN KONTEN EDUKATIF TENTANG DAMPAK JUDI ONLINE DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM MELALUI TIKTOK UNTUK PESERTA DIDIK SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA"^^ . "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya iklan judi online yang tersebar luas\r\ndi berbagai platform media sosial, termasuk TikTok. Generasi muda, khususnya\r\npeserta didik jenjang SMA, merupakan kelompok yang rentan terpapar dampak\r\nnegatif dari konten digital tersebut karena termasuk pengguna dominan media\r\nsosial TikTok. TikTok, sebagai salah satu media sosial yang paling banyak\r\ndigunakan di Indonesia, dinilai potensial sebagai media penyampaian konten\r\nedukatif yang bersifat visual, ringkas, dan menarik. Meskipun konten edukatif\r\ntentang judi online sudah tersedia di TikTok, mayoritas hanya menyoroti sisi sosial\r\ndan ekonomi tanpa menyentuh nilai-nilai keislaman. Oleh karena itu, penelitian ini\r\nbertujuan untuk mengembangkan konten edukatif yang membahas dampak judi\r\nonline dalam perspektif Pendidikan Islam dengan pendekatan Maqashid asy-\r\nSyari’ah, khususnya ditujukan bagi peserta didik SMA Negeri 4 Yogyakarta.\r\nPenelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan peserta didik,\r\nmerancang dan mengembangkan media, serta mengevaluasi kelayakan konten\r\nmelalui validasi ahli dan uji coba terbatas.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development)\r\ndengan pendekatan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate), yang\r\ndalam pelaksanaannya dibatasi hingga tahap ketiga (Develop). Teknik\r\npengumpulan data meliputi wawancara, kuesioner, dan analisis dokumen. Analisis\r\ndata dilakukan melalui validasi instrumen, penilaian kualitas produk oleh ahli, dan\r\nanalisis respons peserta didik terhadap produk yang dikembangkan.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat kebutuhan nyata akan\r\npengembangan konten edukatif tentang dampak judi online dalam perspektif\r\nPendidikan Islam melalui TikTok untuk peserta didik SMA Negeri 4 Yogyakarta. (2)\r\nKonten dirancang dalam format video pendek berbasis narasi dan footage visual,\r\ndengan tahapan meliputi penyusunan naskah, pembagian scene, perekaman\r\nvoiceover, pencarian footage, penyuntingan audio-visual, serta penambahan\r\nsubtitle. (3) Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa konten edukatif ini termasuk\r\ndalam kategori “sangat layak”, dengan rata-rata skor 3,916 dari ahli materi, 3,666\r\ndari ahli media, dan 4,35 dari peserta didik. Revisi dilakukan berdasarkan saran\r\nyang diberikan, mencakup penambahan subtitle, peningkatan kualitas backsound,\r\npenyempurnaan visual, serta penambahan pertanyaan retoris sebagai penguat\r\npesan moral. Produk akhir berupa video edukatif berdurasi ±2 menit 22 detik yang\r\ntelah divalidasi dan diuji coba secara terbatas di lapangan."^^ . "2025-06-05" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 21104010029"^^ . "Kaafin ‘Abdul Mu’iz"^^ . "NIM.: 21104010029 Kaafin ‘Abdul Mu’iz"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN KONTEN EDUKATIF TENTANG DAMPAK JUDI ONLINE DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM MELALUI TIKTOK UNTUK PESERTA DIDIK SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "21104010029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN KONTEN EDUKATIF TENTANG DAMPAK JUDI ONLINE DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM MELALUI TIKTOK UNTUK PESERTA DIDIK SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "PENGEMBANGAN KONTEN EDUKATIF TENTANG DAMPAK JUDI ONLINE DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM MELALUI TIKTOK UNTUK PESERTA DIDIK SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN KONTEN EDUKATIF TENTANG DAMPAK JUDI ONLINE DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM MELALUI TIKTOK UNTUK PESERTA DIDIK SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN KONTEN EDUKATIF TENTANG DAMPAK JUDI ONLINE DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM MELALUI TIKTOK UNTUK PESERTA DIDIK SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN KONTEN EDUKATIF TENTANG DAMPAK JUDI ONLINE DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM MELALUI TIKTOK UNTUK PESERTA DIDIK SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN KONTEN EDUKATIF TENTANG DAMPAK JUDI ONLINE DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM MELALUI TIKTOK UNTUK PESERTA DIDIK SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN KONTEN EDUKATIF TENTANG DAMPAK JUDI ONLINE DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM MELALUI TIKTOK UNTUK PESERTA DIDIK SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN KONTEN EDUKATIF TENTANG DAMPAK JUDI ONLINE DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM MELALUI TIKTOK UNTUK PESERTA DIDIK SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN KONTEN EDUKATIF TENTANG DAMPAK JUDI ONLINE DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM MELALUI TIKTOK UNTUK PESERTA DIDIK SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #71681 \n\nPENGEMBANGAN KONTEN EDUKATIF TENTANG DAMPAK JUDI ONLINE DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM MELALUI TIKTOK UNTUK PESERTA DIDIK SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "371.33 Media Pembelajaran" . .