%A NIM.: 21104010033 Elsa Zulfiani %O Sri Purnami, S.Psi., M.A. %T IMPLEMENTASI MICRO TEACHING DAN DAMPAKNYA TERHADAP EFIKASI DIRI MENGAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2021 %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesadaran peneliti akan pentingnya membangun keterampilan mengajar bagi seorang calon guru. Salah satu langkah yang dirancang untuk membekali mahasiswa calon guru dengan keterampilan mengajar secara sistematis dan terstruktur adalah praktik micro teaching. Dalam penerapannya, praktik micro teaching dianggap memiliki dampak terhadap efikasi diri atau keyakinan mahasiswa siswa terhadap kemampuan mengajar yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi micro teaching prodi PAI angkatan 2021 dan dampak micro teaching terhadap efikasi diri mengajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga angkatan 2021. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan ex-post facto, yaitu penelitian yang dilakukan setelah suatu peristiwa terjadi. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap informan yang terdiri dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam angkatan 2021 serta Kepala Laboratorium Pendidikan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh data dari video praktik micro teaching dan modul ajar milik mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semiterstruktur, sedangkan analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) Praktik micro teaching prodi PAI UIN Sunan Kalijaga angkatan 2021 menggunakan model peer teaching. Tahapan micro teaching meliputi tahap persiapan administrasi, penentuan DPL dan sosialiasi, tahap pelaksanaan berupa penyususnan RPP dan praktik micro teaching dalam kelompok kecil, dan dokumentasi video praktik pembelajaran. Sebagian besar mahasiswa mempraktikkan delapan dari sepuluh keterampilan dasar mengajar saat micro teaching. 2) Praktik micro teaching memberikan dampak positif terhadap efikasi diri mengajar mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta angkatan 2021, khususnya dalam tiga aspek utama, yakni keyakinan dalam pengelolaan kelas, keyakinan dalam memilih dan menggunakan strategi pengajaran, dan keyakinan dalam mendorong keaktifan peserta didik. %K Micro Teaching, Dampak, Mahsiswa, Pendidikan Agama Islam %D 2025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib71682