%A NIM.: 21104010050 Royhan Ikhwan %O Yuli Kuswandari, S.Pd., M. Hum. %T PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF (QUIZWHIZZER) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS NEGERI 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2024/2025 %X Perkembangan teknologi memberikan berbagai peluang dalam dunia pendidikan, terutama dalam penggunaan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Salah satu tantangan dalam pembelajaran akidah akhlak adalah kurangnya minat dan motivasi siswa terhadap materi yang diajarkan, yang sering kali disebabkan oleh metode pengajaran yang masih bersifat konvensional dan kurang interaktif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pemanfaatan QuizWhizzer sebagai media pembelajaran interaktif dapat membantu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran akidah akhlak di MTs Negeri 1 Sleman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dimana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi pada penelitian ini bertujuan untuk mengamati pemanfaatan QuizWhizzer dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Sementara itu wawancara dilakukan untuk mendapatkan informasi guru dan siswa mengenai keberhasilan dalam pemanfaatan media QuizWhizzer. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII serta guru mata pelajaran akidah akhlak di MTs Negeri 1 Sleman. Data yang diperoleh dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan guna mendapatkan gambaran yang komprehensif mengenai pemanfaatan media pembelajaran QuizWhizzer terhadap motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan QuizWhizzer dianggap mampu meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran. Siswa menunjukkan antusiasme yang lebih tinggi dalam menjawab pertanyaan secara interaktif, berdiskusi dengan teman sekelas, dan lebih termotivasi untuk memahami materi yang diajarkan. Interaktivitas yang ditawarkan oleh QuizWhizzer juga membantu mengurangi kejenuhan siswa serta mendorong mereka untuk lebih terlibat dalam proses belajar melalui gamifikasi yang menarik. Selain itu, penggunaan QuizWhizzer juga mempermudah guru dalam menyampaikan materi secara lebih sistematis, serta menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan kompetitif secara positif. Berdasarkan temuan ini, disimpulkan bahwa: 1) Pemanfaatan QuizWhizzer berkontribusi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Sleman, ditunjukkan dengan meningkatnya antusiasme siswa dalam pembelajaran. 2) Media QuizWhizzer membantu siswa memahami materi dengan lebih mudah melalui pendekatan yang interaktif dan menyenangkan, menciptakan suasana belajar yang lebih dinamis. 3) Pemanfaatan QuizWhizzer sebagai media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran akidah akhlak. %K Media Pembelajaran Interaktif QuizWhizzer, Motivasi Belajar, Pembelajaran Akidah Akhlak %D 2025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib71684