eprintid: 71686 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/16/86 datestamp: 2025-07-08 07:05:07 lastmod: 2025-07-08 07:05:07 status_changed: 2025-07-08 07:05:07 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Lathif Fadhlan Hidayat, NIM.: 21104010066 title: ANALISIS NILAI-NILAI ISLAM WASATHIYAH DALAM BUKU AJAR PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS IV TINGKAT SD : SIGNIFIKANSINYA BAGI PENDIDIKAN ISLAM ispublished: pub subjects: 297.77 divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Islam Wasaṭhiyah, Pendidikan Agama Islam, Moderasi Beragama, Pendidikan Dasar, Karakter Siswa note: Indriyani Ma’rifah,M.Pd.I, abstract: Survey Air Foundation dan Alvara Research Center pada 2017 mengungkapkan bahwa pelajar dan mahasiswa memiliki tingkat nasionalisme yang rendah karena mendukung paham khilafah. Selain itu penelitian lainnya juga menyebutkan bahwa radikalisme agama tumbuh subur di kalangan mereka. Oleh karena itu mereka butuh asupan positif untuk menetralisir radikalisme dan rendahnya nasionalisme. Dalam hal ini buku ajar PAI dan Budi Pekerti kelas IV SD terbitan Kemendikbudristek tahun 2021 memiliki peran strategis untuk menanamkan nilai-nilai moderasi beragama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai Islam Wasaṭhiyah yang terkandung dalam buku ajar tersebut dan menggali kontribusinya dalam membentuk karakter siswa yang moderat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan filsafat nilai (axiological approach), yang berfokus pada kajian terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam objek kajian. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis nilai-nilai Islam Wasaṭhiyah yang terkandung dalam buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi, di mana peneliti mengumpulkan dan menganalisis dokumen-dokumen tertulis, seperti buku ajar, jurnal ilmiah, dan artikel terkait. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak NVivo 14, yang membantu peneliti dalam mengkoding data dan mengelompokkan nilai-nilai Islam Wasaṭhiyah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa buku ajar PAI dan Budi Pekerti kelas IV SD secara keseluruhan layak digunakan sebagai sumber pembelajaran dengan memenuhi kriteria akademik dan pedagogis yang ditetapkan BSNP. Materi pembelajaran mencerminkan nilai-nilai keimanan, ibadah, akhlak, dan sejarah Nabi Muhammad SAW secara proporsional dan kontekstual, dengan bahasa yang komunikatif dan sesuai tingkat perkembangan kognitif peserta didik. Analisis NVivo 14 mengidentifikasi enam nilai utama Islam Wasaṭhiyah: Qudwah (kepemimpinan, 6%), Tasamuh (toleransi, 4%), Musawah (kesetaraan), Syura (musyawarah), Muwaṭhanah (cinta tanah air), dan La Unf (anti-kekerasan). Ketidakseimbangan distribusi nilai menunjukkan penekanan tidak proporsional, dengan Syura, Muwaṭhanah, dan La Unf memiliki representasi minimal, terutama tidak adanya representasi dalam elemen Fiqih, mengindikasikan perlunya evaluasi dan penyempurnaan kurikulum untuk mencapai integrasi yang lebih komprehensif dan seimbang. Integrasi nilai-nilai Wasaṭhiyah ini signifikan bagi pendidikan Islam kontemporer Indonesia, mencakup penguatan moderasi beragama sejak dini, transformasi paradigma pendidikan dari dogmatis-normatif menuju kontekstual-transformatif, pengarusutamaan pendidikan karakter berbasis moderasi, dan pengembangan pedagogik transformatif yang relevan dengan konteks Indonesia yang plural. date: 2025-06-05 date_type: published pages: 141 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Lathif Fadhlan Hidayat, NIM.: 21104010066 (2025) ANALISIS NILAI-NILAI ISLAM WASATHIYAH DALAM BUKU AJAR PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS IV TINGKAT SD : SIGNIFIKANSINYA BAGI PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71686/1/21104010066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71686/2/21104010066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf