<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERINTEGRASI LITERASI EKONOMI DENGAN PENDEKATAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran\r\nmatematika terintegrasi literasi ekonomi dengan pendekatan PBL terhadap\r\nkemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa. Pada penelitian ini juga\r\nakan diketahui ada atau tidaknya interaksi antara model pembelajaran matematika\r\nterintegrasi literasi ekonomi dengan pendekatan PBL dan kemampuan awal siswa\r\nterhadap kemampuan berpikir kritis serta kemandirian belajar siswa.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan\r\nfactorial design 3×2. Desain faktorial merupakan modifikasi dari design true\r\nexperimental, yaitu dengan memperhatikan kemungkinan adanya variabel\r\nmoderator berupa kemampuan awal siswa. Kemampuan awal siswa tersebut dibagi\r\ndalam tiga kategori,terdiri atas kemampuan awal rendah, sedang, dan tinggi. Subjek\r\ndalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C dan VII D SMPN 15 Yogyakarta pada\r\ntahun ajaran 2024/2025. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini\r\nadalah tes kemampuan berpikir kritis dan angket kemandirian belajar siswa. Teknik\r\nanalisis data yang dilakukan adalah menggunakan uji hipotesis Two Way Anova,\r\ndisertai uji lanjutan Posthoc Tukey.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, enerapan pembelajaran\r\nmatematika terintegrasi literasi ekonomi dengan pendekatan PBL efektif terhadap\r\nkemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai signifikansi 0,001 (<0,05). Kedua,\r\npenerapan pembelajaran matematika terintegrasi literasi ekonomi dengan\r\npendekatan PBL efektif terhadap kemandirian belajar siswa dengan nilai\r\nsignifikansi 0,002 (<0,05). Ketiga, tidak terdapat interaksi antara pembelajaran\r\nmatematika terintegrasi literasi ekonomi dengan pendekatan PBL dan kemampuan\r\nawal siswa terhadap kemampuan berpikir kritis, dikarenakan nilai signifikansi yang\r\nlebih dari 0,05 (0,382). Keempat, tidak terdapat interaksi antara pembelajaran\r\nmatematika terintegrasi literasi ekonomi dengan pendekatan PBL dan kemampuan\r\nawal siswa terhadap kemandirian belajar siswa, dikarenakan nilai signifikansi yang\r\nlebih dari 0,05 (0,104)."^^ . "2025-06-03" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 21104040010"^^ . "Alma Aulia Hanifah"^^ . "NIM.: 21104040010 Alma Aulia Hanifah"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERINTEGRASI LITERASI EKONOMI DENGAN PENDEKATAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Text)"^^ . . . . . "21104040010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERINTEGRASI LITERASI EKONOMI DENGAN PENDEKATAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Text)"^^ . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERINTEGRASI LITERASI EKONOMI DENGAN PENDEKATAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERINTEGRASI LITERASI EKONOMI DENGAN PENDEKATAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERINTEGRASI LITERASI EKONOMI DENGAN PENDEKATAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERINTEGRASI LITERASI EKONOMI DENGAN PENDEKATAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERINTEGRASI LITERASI EKONOMI DENGAN PENDEKATAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERINTEGRASI LITERASI EKONOMI DENGAN PENDEKATAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERINTEGRASI LITERASI EKONOMI DENGAN PENDEKATAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERINTEGRASI LITERASI EKONOMI DENGAN PENDEKATAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #71694 \n\nEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERINTEGRASI LITERASI EKONOMI DENGAN PENDEKATAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA\n\n" . "text/html" . . . "510.7 Pendidikan Matematika" . .