eprintid: 71694 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/16/94 datestamp: 2025-07-08 07:29:41 lastmod: 2025-07-08 07:29:41 status_changed: 2025-07-08 07:29:41 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Alma Aulia Hanifah, NIM.: 21104040010 title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERINTEGRASI LITERASI EKONOMI DENGAN PENDEKATAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA ispublished: pub subjects: 510.7 divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran, Matematika, Terintegrasi, Pendekatan PBL, Berpikir Kritis, Kemandirian Belajar note: Dr. Mulin Nu’man, S.Pd., M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika terintegrasi literasi ekonomi dengan pendekatan PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa. Pada penelitian ini juga akan diketahui ada atau tidaknya interaksi antara model pembelajaran matematika terintegrasi literasi ekonomi dengan pendekatan PBL dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan berpikir kritis serta kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan factorial design 3×2. Desain faktorial merupakan modifikasi dari design true experimental, yaitu dengan memperhatikan kemungkinan adanya variabel moderator berupa kemampuan awal siswa. Kemampuan awal siswa tersebut dibagi dalam tiga kategori,terdiri atas kemampuan awal rendah, sedang, dan tinggi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C dan VII D SMPN 15 Yogyakarta pada tahun ajaran 2024/2025. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis dan angket kemandirian belajar siswa. Teknik analisis data yang dilakukan adalah menggunakan uji hipotesis Two Way Anova, disertai uji lanjutan Posthoc Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, enerapan pembelajaran matematika terintegrasi literasi ekonomi dengan pendekatan PBL efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai signifikansi 0,001 (<0,05). Kedua, penerapan pembelajaran matematika terintegrasi literasi ekonomi dengan pendekatan PBL efektif terhadap kemandirian belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,002 (<0,05). Ketiga, tidak terdapat interaksi antara pembelajaran matematika terintegrasi literasi ekonomi dengan pendekatan PBL dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan berpikir kritis, dikarenakan nilai signifikansi yang lebih dari 0,05 (0,382). Keempat, tidak terdapat interaksi antara pembelajaran matematika terintegrasi literasi ekonomi dengan pendekatan PBL dan kemampuan awal siswa terhadap kemandirian belajar siswa, dikarenakan nilai signifikansi yang lebih dari 0,05 (0,104). date: 2025-06-03 date_type: published pages: 341 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Alma Aulia Hanifah, NIM.: 21104040010 (2025) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERINTEGRASI LITERASI EKONOMI DENGAN PENDEKATAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71694/1/21104040010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71694/2/21104040010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf