relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71711/ title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK BERBASIS ETNOMATEMATIKA “CANDI PLAOSAN LOR” PADA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS IV creator: Dyah Guslianawati, NIM.: 21104080017 subject: 371.33 Media Pembelajaran description: Pembelajaran geometri di tingkat sekolah dasar, masih kerap menghadapi kendala materi yang abstrak serta kurangnya keterkaitan dengan konteks kehidupan nyata peserta didik. Melalui pendekatan etnomatematika pembelajaran menjadi kontekstual dengan mengintegrasikan kearifan lokal, dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih kontekstual dan bermakna. Candi Plaosan Lor sebagai warisan budaya yang kaya nilai geometris berpotensi dimanfaatkan dalam pembelajaran matematika. Pengembangan media pembelajaran Pop-Up Book berbasis etnomatematika menjadi media pembelajaran alternatif yang mampu menghadirkan visualisasi yang menarik serta merepresentasikan konsep-konsep bangun datar melalui representasi budaya lokal. Media ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep, mengkontekstualkan dan mengeksplor matematika dan kearifan lokal sehingga menumbuhkan rasa cinta budaya lokal serta menambah wawasan budaya peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (research and development) dengan mengadaptasi model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, instrumen validasi, angket dan dokumentasi. Produk yang telah dibuat divalidasi oleh ahli dan uji respon guru dengan menggunakan instrumen penilaian berupa skala Likert. Dan di uji respon peserta didik dengan angket respon peserta didik menggunakan skala Guttman. Hasil penilaian pengembangan ini adalah (1) telah dikembangkan media pembelajaran Pop-Up Book dengan karakteristik produk yang berbasis Etnomatematika Candi Plaosan Lor. (2) berdasarkan penilaian oleh validator yaitu ahli media memperoleh presentase 95,71%, Ahli materi memperoleh presentase 96% keduanya termasuk dalam kategori sangat layak. (3) respon guru memperoleh presentase 100% termasuk dalam kategori sangat baik dan respon peserta didik memperoleh 90% termasuk kategori sangat baik. date: 2025-06-04 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71711/1/21104080017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71711/2/21104080017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Dyah Guslianawati, NIM.: 21104080017 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK BERBASIS ETNOMATEMATIKA “CANDI PLAOSAN LOR” PADA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS IV. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.