@phdthesis{digilib71713, month = {June}, title = {PENGGUNAAN MEDIA KONKRET PADA MATERI OPERASI BILANGAN CACAH PADA SISWA SLOW LEARNER KELAS V DI SDN GEDONGKUNING}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 21104080023 Khimayatus Sholihah}, year = {2025}, note = {Dr. Hj. Endang Sulistyowati, M.Pd.I.}, keywords = {Penggunaan Media Konkret, Operasi Bilangan Cacah, Slow Learner}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71713/}, abstract = {Siswa slow learner merupakan peserta didik berkebutuhan khusus yang membutuhkan pendekatan pembelajaran yang sesuai supaya dapat memahami materi pelajaran dengan baik, khususnya pada mata pelajaran matematika. Terdapat permasalahan pada salah satu siswa slow learner kelas V di SDN Gedongkuning yaitu siswa kesulitan dalam memahami konsep operasi bilangan cacah yaitu pada materi konsep bilangan nol, nilai tempat, pengurangan bersusun, dan perkalian. Hal tersebut disebabkan oleh keterbatasan intelektual serta media pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan media konkret dalam memahami materi operasi bilangan cacah serta melihat peningkatan kemampuan siswa slow learner setelah mendapatkan pembelajaran menggunakan media konkret. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen jenis Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu baseline- 1 pengukuran kemampuan awal siswa, tahap intervensi yaitu pemberian tindakan menggunakan media konkret, dan baseline-2 pengukuran kemampuan siswa setelah dilakukan intervensi. Subjek dalam penelitian ini adalah satu siswa slow learner kelas V yang telah memiliki hasil asesmen psikologi dengan skor IQ 75. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis, observasi, dan wawancara kepada guru kelas dan guru pendamping khusus. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kemudian disajikan dalam bentuk diagram batang untuk melihat perubahan skor siswa pada setiap tahap. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan media konkret pada materi operasi bilangan cacah pada siswa slow learner dapat meningkatkan pemahaman siswa khususnya pada materi konsep bilangan nol, konsep nilai tempat dan perkalian. Akan tetapi, pada materi pengurangan bersusun membutuhkan penerapan strategi tambahan, mengingat hasil yang diperoleh belum optimal. Media konkret membantu siswa untuk memahami konsep secara nyata, sehingga membantu proses berpikir dan mengolah informasi dengan mudah. Dengan demikian, penggunaan media konkret terbukti berhasil dalam membantu pembelajaran matematika bagi siswa slow learner serta memberikan kontribusi positif dalam upaya pengembangan pendidikan inklusif di tingkat sekolah dasar.} }