@phdthesis{digilib71715, month = {June}, title = {PENINGKATAN MINAT BACA DENGAN MENGGUNAKAN REWARD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KELAS 2A MI MA?ARIF BEGO}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 21104080027 Amelia Rifqi Azizah}, year = {2025}, note = {Prof. Dr. Hj. Maemonah, M.Ag.}, keywords = {Reward, Bahasa Indonesia, Penelitian Tindakan Kelas, Pembelajaran}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71715/}, abstract = {Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat baca siswa kelas 2A MI Ma?arif Bego, yang berdampak pada kurang optimalnya pemahaman terhadap materi pelajaran, khususnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Permasalahan tersebut terlihat dari kurangnya antusiasme siswa ketika diminta membaca, banyak siswa yang enggan membuka buku, serta lebih memilih bermain atau berbicara dengan teman. Kondisi ini berpengaruh langsung terhadap hasil belajar mereka, di mana sebagian siswa mendapatkan nilai rendah dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas, diketahui bahwa belum ada upaya khusus yang dilakukan untuk meningkatkan minat baca siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah tindakan pemberian reward dapat meningkatkan minat baca siswa kelas 2A di MI Ma?arif Bego. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) atau Classroom Action Research yang dilakukan secara bertahap melalui siklus I dan II dengan langkah-langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di MI Ma?arif Bego dengan 29 siswa kelas 2A sebagai subjek penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi minat baca siswa, lembar observasi aktivitas guru, serta pedoman wawancara untuk guru dan siswa. Berdasarkan hasil angket minat baca siswa, pada siklus I pertemuan kedua diperoleh hasil sebesar 67\% dengan kategori ?cukup? dan mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan kedua menjadi 83\% dengan kategori ?baik?. Sementara itu, hasil aktivitas guru juga menunjukkan peningkatan, dari 74\% pada siklus I pertemuan kedua menjadi 83\% pada siklus II pertemuan kedua, keduanya termasuk dalam kategori ?baik?. Peningkatan tersebut terjadi karena siswa mulai termotivasi untuk membaca setelah diberikan reward, baik berupa pujian maupun hadiah sederhana, sehingga mereka lebih bersemangat mengikuti kegiatan membaca. Berdasarkan capaian tersebut, tindakan dihentikan pada siklus II karena telah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian, penerapan strategi reward terbukti efektif dalam meningkatkan minat baca siswa kelas 2A MI Ma?arif Bego} }