TY - THES N1 - Dr. Hj. Endang Sulistyowati, M.Pd.I. ID - digilib71716 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71716/ A1 - Fadhil Asyam Ra?if, NIM.: 21104080033 Y1 - 2025/06/02/ N2 - Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SD Negeri Keputran I Yogyakarta pada jenjang kelas rendah, khususnya kelas II, ditemukan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mata pelajaran matematika masih tergolong rendah. Hal ini terlihat dari jawaban siswa pada soal-soal matematika yang bersifat monoton dan kurang menunjukkan variasi dalam penyelesaian.. Aktivitas peserta didik di kelas bersifat pasif hanya meniru cara penyelesaian masalah matematika tanpa memahaminya. Dalam mengatasi hal ini peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan kemandirian dalam belajar apakah bisa digunakan untuk mungurangi ketergantungan pada orang lain dan mendorong inisiatif dalam belajar sebagai salah satu kewajiban sebagai seorang pelajar. Penelitian bertujuan ini untuk mengetahui dan menguji secara empiris: 1) adanya pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas II SD Negeri Keputran I Yogyakarta, 2) seberapa besar pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas II SD Negeri Keputran I Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain yang digunakan pada penelitian ini adalah desain penelitian ex post facto. Penelitian yang tidak melakukan manipulasi pada variabel bebasnya dan tidak memberikan perlakuan padanya. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas II A SD Negeri Keputran I Yogyakarta berjumlah 24 peserta didik. Data dikumpulkan melalui wawancara terstruktur untuk variabel kemandirian belajar dan tes perkalian matematika untuk variabel kamampuan berpikir kreatif matematis. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan uji korelasi dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif berkategori sedang atau cukup kuat antara kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Besarnya pengaruh yang diperoleh yaitu sebesar 31,7% dengan persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 5,175 + 1,511X. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kemandirian Belajar KW - Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis KW - Kelas Bawah KW - Perkalian M1 - skripsi TI - PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI KEPUTRAN I YOGYAKARTA AV - restricted EP - 142 ER -