%0 Thesis %9 Skripsi %A Salsabila Nabila Putri, NIM.: 21104080039 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:71717 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Disiplin, Tanggung jawab, Budaya lokal, Siswa Sekolah Dasar, Pendidikan Karakter %P 178 %T PENERAPAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB BERBASIS BUDAYA LOKAL DI KELAS IV SDN LANBAU 01 BOGOR %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71717/ %X Penerapan karakter disiplin dan tanggung jawab pada siswa kelas IV di SDN Lanbau 01 Bogor masih menghadapi kendala. Beberapa siswa belum sepenuhnya dapat mematuhi peraturan yang berlaku, serta kurang bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas dan kewajiban mereka. Hal tersebut mencerminkan bahwa nilai disiplin dan tanggung jawab belum sepenuhnya terinternalisasi oleh peserta didik, maka perlunya pendekatan yang lebih efektif untuk menanamkan nilai-nilai disiplin dan tanggung jawab secara menyeluruh. Salah satu pendekatan yang dapat diintegrasikan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memasukkan nilai-nilai budaya lokal ke dalam pembelajaran, karena pendekatan berbasis budaya lokal memiliki potensi untuk membentuk karakter siswa. Dengan mengintegrasikan budaya lokal ini, siswa tidak hanya memahami teori, tetapi juga mempraktikkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan karakter disiplin dan tanggung jawab melalui budaya lokal di SDN Lanbau 01 Bogor serta bagaimana faktor pendukung dan penghambat karakter disiplin dan tanggung jawab berbasis budaya lokal di SDN Lanbau 01 Bogor. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SDN Lanbau 01 Bogor. Teknik pengumpulan informan menggunakan purposive sampling. Adapun informan penelitian ini adalah kepala sekolah, salah satu guru kelas IV, dan 10 peserta didik kelas IV SDN Lanbau 01 Bogor. Analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa proses penerapannya dilakukan melalui pembiasaan dari pihak sekolah baik dari kepala sekolah dan guru berupa memberi contoh dan bimbingan, membuat peraturan yang disepakati setiap kelas, memberikan sanksi dan apresiasi bagi peserta didik, penerapan kegiatan keagamaan, mengaitkan nilai-nilai moral kepada peserta didik dalam materi pembelajaran, serta mengaitkan budaya lokal ke dalam pembelajaran. Namun, dalam proses penanamannya terdapat faktor pendukung dan penghambat yang masih muncul, faktor pendukung yang muncul diantaranya yaitu lingkungan sekolah yang kondusif, sarana prasarana yang memadai, dan peran orang tua yang sangat penting dalam penerapannya. Terkait kendala yang muncul dalam penerapannya yaitu kurangnya pemahaman dari beberapa guru mengenai cara yang efektif dalam penerapannya. Kendala lainnya yaitu pengaruh teman sebaya, beberapa peserta didik yang kurang menghargai waktu dan terkadang sulit dinasehati, serta peserta didik sendiri yang belum sepenuhnya memahami bagaimana cara menerapkan karakter yang baik. Penelitian ini memberikan kontribusi ilmiah dalam pengembangan pendidikan karakter dengan mengintegrasikan nilai-nilai budaya lokal ke dalam pembelajaran, sehingga menciptakan pendekatan yang kontekstual dan relevan untuk membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik di sekolah dasar. %Z Inggit Dyaning Wijayanti, M.Pd