@phdthesis{digilib71718, month = {June}, title = {EFEKTIVITAS WORDWALL DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDIT LUQMAN AL-HAKIM YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 21104080040 Fitri Nurjannah}, year = {2025}, note = {Dr. Hj. Endang Sulistyowati, M.Pd.I.}, keywords = {Wordwall, Partisipasi Siswa, Matematika}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71718/}, abstract = {Sampai saat ini, pembelajaran matematika masih dianggap sulit oleh sebagian siswa. Terlebih jika pembelajaran didominasi oleh guru. Siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru dan terlihat beberapa siswa teralihkan perhatiannya oleh hal lain diluar materi. Terkadang saat guru memberi pertanyaan mengenai materi, hanya beberapa siswa yang menanggapi. Sebagian besar siswa kurang memberikan respon dalam menerima pembelajaran matematika. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika masih rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan dan seberapa besar efektifnya pemberian tugas menggunakan media wordwall pada materi operasi hitung campuran terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika di kelas IV SDIT Luqman Al-Hakim Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa kelas IV SDIT Luqman Al-Hakim Yogyakarta yang berjumlah 86 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu cluster random sampling. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan undian sederhana untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Maka diperoleh kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 29 siswa dan kelas IV C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika yang sebelumnya telah divalidasi oleh dosen ahli dan siswa kelas IV A sebagai kelas validator. Data yang terkumpul kemudian di uji menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Selanjutnya, menggunakan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Karena data yang diperoleh terdistribusi normal dan homogen, maka menggunakan uji hipotesis yaitu uji Independent Sample T Test. Uji yang terakhir yaitu uji efektivitas dengan menggunakan uji N-gain. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pemberian tugas menggunakan media wordwall pada materi operasi hitung campuran dalam pembelajaran matematika tidak efektif terhadap partisipasi siswa di kelas IV SDIT Luqman Al-Hakim Yogyakarta. Hal ini dikarenakan siswa tidak antusias saat mengisi angket. Sebagian besar siswa mengatakan sudah bosan dalam mengisi dan malas dalam membaca pernyataan yang ada pada angket. Sehingga, para siswa mengisi angket tersebut dengan sembarangan atau tidak serius. Dibuktikan dengan hasil uji Independent Sample T Test dengan hasil signifikansi dari skor posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,301. Kemudian hasil signifikansi dari skor pretest dan posttest kelas eksperimen sebesar 0,231. Kedua nilai tersebut {\ensuremath{>}} 0,05, maka H0 diterima dan Ha ditolak. Hasil rata-rata yang didapat dari skor N-gain kelas eksperimen yakni sebesar 0,12 atau 12\%.} }