TY - THES N1 - Dra. Hj. Asnafiyah, M.Pd. ID - digilib71719 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71719/ A1 - Nawang Aldiana, NIM.: 21104080045 Y1 - 2025/06/05/ N2 - Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : Adakah hubungan antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar PPKn siswa kelas II C SD Muhammadiyah Karangkajen 1. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasi. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah Karangkajen 1, sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 26 siswa seuai dengan populasi yaitu 26 siswa dengan Teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes PG, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi kuesioner dari lingkungan keluarga, yang mana kuesioner tersebut akan dikerjakan oleh orang tua siswa di rumah, sedangkan untuk hasil belajar menggunakan tes yang berupa pilihan ganda dengan sistem pengkerjaan dilakukan oleh siswa di sekolah. Data diolah dengan SPSS 25 for windows dan juga Microsoft Excel yang kemudian data ini dianalisis menggunakan uji normalitas, linieritas, dan korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan keluarga dan hasil belajar siswa, dengan nilai signifikansi sebesar 0,337 dan koefisien korelasi -0,196. Temuan ini menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti motivasi internal siswa, strategi pengajaran guru, dan lingkungan sekolah memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap pencapaian akademik. Oleh karena itu, peningkatan hasil belajar memerlukan pendekatan yang holistik, tidak hanya terbatas pada dukungan keluarga. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Lingkungan Keluarga KW - Hasil Belajar KW - Pembelajaran PPKn M1 - skripsi TI - HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS II C DI SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN 1 AV - restricted EP - 134 ER -