<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ANALISIS HAMBATAN KOLABORASI GURU DAN ORANG TUA DALAM MENANGANI KESULITAN MEMBACA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI ANAK SLOW LEARNER DI SDN SENDANGADI 2 SLEMAN"^^ . "Anak yang memiliki kemampuan belajar lambat (slow learner), membaca menjadi tantangan\r\nyang tidak mudah, karena mereka harus mengingat ejaan huruf demi mencapai pemahaman bacaan.\r\nKeberhasilan siswa dalam menguasai keterampilan membaca tidak semata-mata dipengaruhi oleh\r\nlingkungan belajar di sekolah, melainkan juga sangat bergantung pada dukungan dan komitmen\r\nbersama antara guru dan orang tua. Oleh karena itu, diperlukan perhatian terhadap pentingnya\r\nhubungan kolaboratif antara guru dan orang tua guna mendukung perkembangan anak secara optimal.\r\nTujuan dari penelitian ini yaitu 1) Mendeskripisikan apa saja bentuk-bentuk kolaborasi antara guru dan\r\norang tua dalam menangani kesulitan membaca pada pembelajaran Bahasa Indonesia bagi anak slow\r\nlearner di SDN Sendangadi 2 Sleman, 2) Mengidentifikasi hambatan dalam pelaksanaan kolaborasi\r\nantara guru dan orang tua untuk mengatasi kesulitan membaca pada pembelajaran bahasa Indeonseia\r\nbagi anak slow learner di SDN Sendangadi 2 Sleman, dan 3) Mengetahui dampak dari minimnya\r\nkolaborasi terhadap penanganan membaca anak slow learner.\r\nPenelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif.\r\nInforman dalam penelitian ini adalah Guru kelas 3 SDN Sendangadi 2 Sleman, orang tua dari anak\r\nslow learner dan anak slow learner itu sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam\r\npenelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian\r\ndianalisis dengan 3 tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik\r\npengecekan keabsahan data menggunakan tiga jenis teknik triangulasi yaitu triangulasi metode,\r\ntriangulasi teori, dan triangulasi sumber.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa kolaborasi antara guru dan orang tua dalam menangani\r\nkesulitan membaca pada anak slow learner di SDN Sendangadi 2 Sleman masih berada pada tahap\r\nyang sangat terbatas. Bentuk kolaborasi yang tampak hanya sebatas identifikasi awal terhadap kesulitan\r\nanak, komunikasi yang belum maksimal, serta kerjasama sekolah (volunteering) dengan lembaga\r\neksternal seperti psikolog dan SLB terdekat. Di sisi lain, keterlibatan orang tua dalam pembelajaran di\r\nrumah pun terbatas pada pendampingan saat anak mengerjakan tugas, tanpa adanya upaya\r\npembimbingan yang berkelanjutan. Kondisi ini dipengaruhi oleh sejumlah hambatan, antara lain\r\nrendahnya keyakinan dan kepercayaan diri orang tua untuk membimbing anak di rumah, serta persepsi\r\nbahwa kehadiran di sekolah hanya diperlukan ketika ada undangan khusus. Selain itu, sekolah belum\r\nmemiliki program yang secara khusus mendukung kolaborasi guru dan orang tua. Guru dan orang tua\r\njuga menghadapi beban pekerjaan masing-masing yang mengurangi intensitas komunikasi dan\r\nketerlibatan dalam pendidikan anak. Akibatnya, anak cenderung pasif dalam pembelajaran, tidak\r\nmemiliki strategi maupun jadwal belajar yang teratur di luar sekolah, serta menunjukkan hasil belajar\r\nyang masih tertinggal dibandingkan teman-teman sekelasnya."^^ . "2025-05-23" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 21104080050"^^ . "Indira Maulida Rachman"^^ . "NIM.: 21104080050 Indira Maulida Rachman"^^ . . . . . . "ANALISIS HAMBATAN KOLABORASI GURU DAN ORANG TUA DALAM MENANGANI KESULITAN MEMBACA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI ANAK SLOW LEARNER DI SDN SENDANGADI 2 SLEMAN (Text)"^^ . . . . . "21104080050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "ANALISIS HAMBATAN KOLABORASI GURU DAN ORANG TUA DALAM MENANGANI KESULITAN MEMBACA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI ANAK SLOW LEARNER DI SDN SENDANGADI 2 SLEMAN (Text)"^^ . . . . . "ANALISIS HAMBATAN KOLABORASI GURU DAN ORANG TUA DALAM MENANGANI KESULITAN MEMBACA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI ANAK SLOW LEARNER DI SDN SENDANGADI 2 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS HAMBATAN KOLABORASI GURU DAN ORANG TUA DALAM MENANGANI KESULITAN MEMBACA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI ANAK SLOW LEARNER DI SDN SENDANGADI 2 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS HAMBATAN KOLABORASI GURU DAN ORANG TUA DALAM MENANGANI KESULITAN MEMBACA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI ANAK SLOW LEARNER DI SDN SENDANGADI 2 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS HAMBATAN KOLABORASI GURU DAN ORANG TUA DALAM MENANGANI KESULITAN MEMBACA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI ANAK SLOW LEARNER DI SDN SENDANGADI 2 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS HAMBATAN KOLABORASI GURU DAN ORANG TUA DALAM MENANGANI KESULITAN MEMBACA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI ANAK SLOW LEARNER DI SDN SENDANGADI 2 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ANALISIS HAMBATAN KOLABORASI GURU DAN ORANG TUA DALAM MENANGANI KESULITAN MEMBACA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI ANAK SLOW LEARNER DI SDN SENDANGADI 2 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ANALISIS HAMBATAN KOLABORASI GURU DAN ORANG TUA DALAM MENANGANI KESULITAN MEMBACA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI ANAK SLOW LEARNER DI SDN SENDANGADI 2 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ANALISIS HAMBATAN KOLABORASI GURU DAN ORANG TUA DALAM MENANGANI KESULITAN MEMBACA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI ANAK SLOW LEARNER DI SDN SENDANGADI 2 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #71720 \n\nANALISIS HAMBATAN KOLABORASI GURU DAN ORANG TUA DALAM MENANGANI KESULITAN MEMBACA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI ANAK SLOW LEARNER DI SDN SENDANGADI 2 SLEMAN\n\n" . "text/html" . . . "371.9 Pendidikan Khusus/Pendidikan Inklusi" . .