<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY AND REPETITION) DALAM MENUMBUHKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH KOMPLEK KOLOMBO"^^ . "Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana\r\npenerapan model pembelajaran auditory intellectually and repetition pada\r\nmata pelajaran IPAS kelas IV SD Muhammadiyah Komplek Kolombo, 2)\r\nbagaimana keaktifan siswa dengan menggunakan model pembelajaran\r\nauditory intellectually and repetition pada mata pelajaran IPAS di kelas IV\r\nSD Muhammadiyah Komplek Kolombo, rendahnya keaktifan siswa dalam\r\nproses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran IPAS (Ilmu\r\nPengetahuan Alam dan Sosial) yang menuntut siswa untuk aktif dalam\r\nberpikir, berdiskusi, dan menyampaikan pendapat. Kurangnya keaktifan ini\r\nberdampak pada terbatasnya pemahaman konsep dan partisipasi siswa\r\ndalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis\r\npenerapan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, and\r\nRepetition) dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa kelas IV pada\r\nmata pelajaran IPAS di SD Muhammadiyah Komplek Kolombo.\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan\r\npendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui\r\nobservasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru serta siswa kelas IV.\r\nData dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang\r\nterdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan\r\nkesimpulan. Penelitian dilakukan pada semester dua tahun ajaran\r\n2024/2025 dan difokuskan pada penerapan model AIR dalam kegiatan\r\npembelajaran IPAS yang mencakup aspek auditory, intellectually, dan\r\nrepetition.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Auditory\r\nIntellectually and Repetition secara efektif mampu menumbuhkan keaktifan\r\nbelajar siswa. Penerapan model ini mendorong siswa untuk lebih aktif\r\ndalam diskusi kelompok, menyampaikan ide, bertanya, dan mengerjakan\r\ntugas dengan semangat. Model pembelajaran AIR menciptakan suasana\r\nbelajar yang menyenangkan dan partisipatif, serta meningkatkan\r\nketerlibatan siswa secara visual, auditori, dan kinestetik. Dengan demikian,\r\nmodel pembelajaran Auditory Intellectually and Repetition\r\ndirekomendasikan sebagai model pembelajaran yang dapat menumbuhkan\r\nkualitas interaksi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran IPAS."^^ . "2025-06-10" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 21104080053"^^ . "Akis Surantini"^^ . "NIM.: 21104080053 Akis Surantini"^^ . . . . . . "ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY AND REPETITION) DALAM MENUMBUHKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH KOMPLEK KOLOMBO (Text)"^^ . . . . . "21104080053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY AND REPETITION) DALAM MENUMBUHKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH KOMPLEK KOLOMBO (Text)"^^ . . . . . "ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY AND REPETITION) DALAM MENUMBUHKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH KOMPLEK KOLOMBO (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY AND REPETITION) DALAM MENUMBUHKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH KOMPLEK KOLOMBO (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY AND REPETITION) DALAM MENUMBUHKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH KOMPLEK KOLOMBO (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY AND REPETITION) DALAM MENUMBUHKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH KOMPLEK KOLOMBO (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY AND REPETITION) DALAM MENUMBUHKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH KOMPLEK KOLOMBO (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY AND REPETITION) DALAM MENUMBUHKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH KOMPLEK KOLOMBO (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY AND REPETITION) DALAM MENUMBUHKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH KOMPLEK KOLOMBO (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY AND REPETITION) DALAM MENUMBUHKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH KOMPLEK KOLOMBO (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #71721 \n\nANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY AND REPETITION) DALAM MENUMBUHKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH KOMPLEK KOLOMBO\n\n" . "text/html" . . . "371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran" . .