TY - THES N1 - Dr. Siti Fatonah, M.Pd. ID - digilib71721 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71721/ A1 - Akis Surantini, NIM.: 21104080053 Y1 - 2025/06/10/ N2 - Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana penerapan model pembelajaran auditory intellectually and repetition pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Muhammadiyah Komplek Kolombo, 2) bagaimana keaktifan siswa dengan menggunakan model pembelajaran auditory intellectually and repetition pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD Muhammadiyah Komplek Kolombo, rendahnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) yang menuntut siswa untuk aktif dalam berpikir, berdiskusi, dan menyampaikan pendapat. Kurangnya keaktifan ini berdampak pada terbatasnya pemahaman konsep dan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, and Repetition) dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS di SD Muhammadiyah Komplek Kolombo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru serta siswa kelas IV. Data dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian dilakukan pada semester dua tahun ajaran 2024/2025 dan difokuskan pada penerapan model AIR dalam kegiatan pembelajaran IPAS yang mencakup aspek auditory, intellectually, dan repetition. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Auditory Intellectually and Repetition secara efektif mampu menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Penerapan model ini mendorong siswa untuk lebih aktif dalam diskusi kelompok, menyampaikan ide, bertanya, dan mengerjakan tugas dengan semangat. Model pembelajaran AIR menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan partisipatif, serta meningkatkan keterlibatan siswa secara visual, auditori, dan kinestetik. Dengan demikian, model pembelajaran Auditory Intellectually and Repetition direkomendasikan sebagai model pembelajaran yang dapat menumbuhkan kualitas interaksi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran IPAS. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Model Pembelajaran Auditory Intellectually And Repetition KW - Keaktifan Belajar Siswa M1 - skripsi TI - ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY AND REPETITION) DALAM MENUMBUHKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH KOMPLEK KOLOMBO AV - restricted EP - 180 ER -