%0 Thesis %9 Skripsi %A Nada Nur Aini, NIM.: 21104080054 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:71722 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Tutor Sebaya, Kemampuan Membaca, Metode Pembelajaran %P 137 %T EFEKTIVITAS METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS BAWAH MI MUHAMMADIYAH JOGOSETRAN KLATEN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71722/ %X MI Muhammadiyah Jogosetran Klaten memiliki kendala dalam mengatasi siswa yang masih kurang terhadap kemampuan membaca. Siswa tersebut kebanyakan berada di kelas bawah dan paling banyak di kelas I dan II. Terkait hal tersebut, peneliti mencoba memberikan solusi dengan perlakuan tutor sebaya guna meningkatkan kemampuan membaca siswa. Tutor sebaya merupakan salah satu metode pembelajaran di mana siswa yang memiliki kemampuan lebih dari temantemannya untuk membantu guru dalam mengatasi siswa lain yang masih kurang dalam pembelajaran, contohnya kemampuan membaca ini. Tutor sebaya dinilai sangat cocok digunakan karena bahasa teman sebaya lebih mudah dipahami oleh siswa dan dapat menghilangkan kecanggungan antar sesama siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini ialah siswa kelas I dan II MI Muhammadiyah Jogosetran Klaten dengan jumlah 27 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi tutor sebaya dan penilaian tes kemampuan membaca. Sebelum melakukan eksperimen, peneliti mencari tutor terlebih dahulu yang nantinya akan membantu teman-teman yang lain yang memiliki kesulitan dalam membaca, setelah itu peneliti memberikan pretest untuk menilai kemampuan membaca siswa sebelum diberikan perlakuan. Selanjutnya, peneliti memberikan perlakuan selama 3 hari berturut-turut dan pada hari ke-4 siswa diberikan posttest untuk melihat apakah ada peningkatan hasil kemampuan membaca siswa setelah diberi perlakuan. Penelitian ini menunjukkan uji Paired Sample T Test dengan hasil signifikansi 0,000 < 0,05 yang di mana H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan kemampuan membaca siswa MI Muhammadiyah Jogosetran Klaten dengan metode tutor sebaya. Selain itu, hasil N-Gain menunjukkan perolehan sebesar 0,1717 dengan besar efektivitas 17.1748% sehingga dapat disimpulkan bahwa metode tutor sebaya kurang efektif terhadap kemampuan membaca siswa MI Muhammadiyah Jogosetran Klaten. %Z Alfian Eko Widodo Adi Prasetyo, M.Pd