TY - THES N1 - Dr. H. Sedya Santosa, SS., M.Pd ID - digilib71723 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71723/ A1 - Kurnia Intan Pertiwi, NIM.: 21104080055 Y1 - 2025/05/16/ N2 - Siswa kurang fokus dan kurang tertarik dalam proses pembelajaran. Belum tersedianya media untuk mengajarkan materi gaya gesek karena materi gaya gesek merupakan materi yang sulit diajarkan tanpa menggunakan benda konkrit. (1) memperoleh produk smart pada materi gaya gesek yang layak menurut penilaian validator. (2) mengetahui respon dari calon pengguna produk smart box pada materi gaya gesek. (3) menghasilkan produk pengembangan Smart Box pada Materi Gaya Gesek SD/MI Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model 4-D yang dipopulerkan oleh Thiagarajan menjadi model pengembangan yang digunakan oleh peneliti, tersusun dari empat tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebarluasan (disseminate). Instrumen penelitian berbentuk angket yang menggunakan skala pengukuran Likert untuk mengetahui penilaian dari ahli media, materi, dan praktisi serta skala Guttman untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media smart box. Uji coba dilakukan kepada 28 peserta didik kelas IV. Lokasi penelitian SDN Timbulharjo dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian pengembangan ini adalah: (1) telah diperoleh media smart box berdasarkan hasil penilaian ahli media dengan persentase 90% kategori