TY - THES N1 - Dr. Endang Sulistyowati, M.Pd.I ID - digilib71725 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71725/ A1 - Luthfiya Nuril Ulya, NIM.: 21104080061 Y1 - 2025/06/05/ N2 - Soal cerita dalam pembelajaran matematika seringkali menjadi tantangan bagi siswa terutama dalam mengubah narasi menjadi operasi hitung yang tepat. Pembelajaran yang disampaikan secara monoton kurang membantu siswa dalam mengatasi kesulitan ini, khususnya bagi siswa fase A. Diperlukan media pembelajaran yang menarik, kontekstual dan ramah anak sebagai alternatif pendekatan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media ular tangga terintegrasi budaya dalam pembelajaran matematika materi operasi hitung; (2) mengetahui kelayakan media; serta (3) mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap penggunaannya. Peneliti menggunakan penelitian Research dan Development (R&D) dengan model 4D Thiagarajan yakni define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan dissemination (penyebaran). Instrumen penelitian berupa angket yang memiliki skala pengukuran Likert untuk mengetahui penilaian dari ahli materi, media, dan budaya, serta untuk mengetahui respon guru. Dan angket dengan skala Guttman dalam bentuk checklist untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media UTA SOMAD uji coba dilakukan kepada 13 peserta didik kelas II. Data yang diperoleh merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan media tergolong ?Sangat Layak? dengan hasil penilaian oleh ahli materi memperoleh skor 46, melebihi batas minimal 41,88. Penilaian oleh ahli media memperoleh skor 61, melampaui batas minimal 54,48, dan penilaian oleh ahli budaya memperoleh skor 74, melebihi batas minimal 63. Sementara respon guru memperoleh skor 178, melebihi batas minimal 159,54, sehingga termasuk dalam kategori ?Sangat Layak.? dan respon peserta didik menunjukkan tanggapan positif, dengan persentase jawaban ?Ya? berkisar antara 85% hingga 100%. Berdasarkan hasil tersebut, pengembangan media ular tangga terintegrasi budaya jawa dalam pembelajaran matematika materi operasi hitung untuk siswa fase A (UTA SOMAD) dinyatakan sangat layak dan mendapat respon positif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Media Pembelajaran KW - Ular Tangga KW - Matematika KW - Integrasi Budaya Jawa M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA TERINTEGRASI BUDAYA JAWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG UNTUK SISWA FASE A AV - restricted EP - 148 ER -