<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ANALISIS PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENERAPKAN MODEL QUANTUM LEARNING DI KELAS III MIN 1 YOGYAKARTA"^^ . "Guru di MIN 1 Yogyakarta menghadapi tantangan dalam meningkatkan\r\nmotivasi belajar peserta didik yang belum berkembang secara optimal, ditandai\r\ndengan kurangnya fokus terhadap pembelajaran, perilaku yang mengganggu\r\nteman di kelas, bermain-main dengan teman di sebelahnya, hingga terdapat\r\npeserta didik yang belum menyelesaikan tugas yang diberikan. Faktor\r\npenyebabnya meliputi model pembelajaran yang kurang variatif, belum\r\ntersedianya modul ajar yang mendukung, kurangnya antusiasme peserta didik,\r\nserta lingkungan belajar yang kurang kondusif. Hal ini bisa berdampak pada\r\ntidak tercapainya capaian belajar dan kesulitan memahami materi. Penelitian ini\r\nbertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran guru sebagai motivator\r\ndalam menerapkan model quantum learning di kelas IIIA MIN 1 Yogyakarta.\r\nPenelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan\r\npendekatan studi kasus yang dilaksanakan di MIN 1 Yogyakarta. Subjek\r\npenelitian dalam penelitian ini adalah guru kelas, peserta didik, dan kepala\r\nmadrasah. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder.\r\nTeknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi non-partisipan,\r\nwawancara terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui\r\nsintakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan\r\nkesimpulan. Adapun keabsahan data diuji menggunakan triangulasi teknik,\r\nsumber, dan waktu dengan memverifikasi data melalui wawancara, observasi,\r\ndan dokumentasi dari berbagai sumber.\r\nHasil penelitian mengungkapkan bahwa, 1) Guru kelas IIIA MIN 1\r\nYogyakarta telah menunjukkan perilaku yang mencerminkan peran sebagai\r\nmotivator dalam proses pembelajaran dengan memperjelas tujuan pembelajaran,\r\nmenciptakan suasana belajar yang menyenangkan, memberi pujian, melakukan\r\nevaluasi, serta mendorong partisipasi aktif dan kerja sama peserta didik, yang\r\nberdampak positif pada semangat dan minat belajar. 2) Penerapan model\r\nquantum learning melalui sintak TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai,\r\nDemonstrasikan, Ulangi, Rayakan) menciptakan pembelajaran yang nyaman dan\r\nmenyenangkan, terlihat dari kegiatan pembelajaran yang memadukan unsur seni,\r\naktivitas fisik, dan visualisasi. 3) Temuan analisis menunjukkan bahwa integrasi\r\nperan guru sebagai motivator dengan model quantum learning efektif\r\nmeningkatkan partisipasi, pemahaman, dan kepercayaan diri peserta didik,\r\nmeskipun terdapat kendala seperti manajemen waktu dan keterbatasan media,\r\nguru berupaya menggunakan strategi yang sesuai. Keterkaitan antara peran guru\r\nsebagai motivator dengan setiap sintak pembelajaran quantum learning menjadi\r\nfaktor utama keberhasilan, karena guru secara konsisten menunjukkan sikap\r\npositif yang membangkitkan motivasi peserta didik, didukung oleh penerapan\r\nstrategi pembelajaran yang tepat dan relevan"^^ . "2025-05-23" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 21104080068"^^ . "Aiko ‘Ula Al-Humaira"^^ . "NIM.: 21104080068 Aiko ‘Ula Al-Humaira"^^ . . . . . . "ANALISIS PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENERAPKAN MODEL QUANTUM LEARNING DI KELAS III MIN 1 YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "21104080068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "ANALISIS PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENERAPKAN MODEL QUANTUM LEARNING DI KELAS III MIN 1 YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "ANALISIS PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENERAPKAN MODEL QUANTUM LEARNING DI KELAS III MIN 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENERAPKAN MODEL QUANTUM LEARNING DI KELAS III MIN 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENERAPKAN MODEL QUANTUM LEARNING DI KELAS III MIN 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENERAPKAN MODEL QUANTUM LEARNING DI KELAS III MIN 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENERAPKAN MODEL QUANTUM LEARNING DI KELAS III MIN 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ANALISIS PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENERAPKAN MODEL QUANTUM LEARNING DI KELAS III MIN 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ANALISIS PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENERAPKAN MODEL QUANTUM LEARNING DI KELAS III MIN 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ANALISIS PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENERAPKAN MODEL QUANTUM LEARNING DI KELAS III MIN 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #71727 \n\nANALISIS PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENERAPKAN MODEL QUANTUM LEARNING DI KELAS III MIN 1 YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar" . .