eprintid: 71728 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 12253 dir: disk0/00/07/17/28 datestamp: 2025-07-09 02:44:20 lastmod: 2025-07-09 02:44:20 status_changed: 2025-07-09 02:44:20 type: article metadata_visibility: show creators_name: Mikhriani, -- creators_name: Ahmad Dani Virsal, - creators_name: Suddin Lada, - title: Employee engagement, job satisfaction, organizational culture, and servant leadership as drivers of worker productivity ispublished: pub subjects: or_ganisasi subjects: pemimpin divisions: artkl full_text_status: public keywords: Kepemimpinan yang melayani, budaya organisasi, kepuasan kerja, keterlibatan karyawan, produktivitas abstract: Keberhasilan organisasi sangat terkait dengan sumber daya mereka, terutama sumber daya manusia. Dalam hal ini, sumber daya manusia yang lebih kompeten memiliki produktivitas yang lebih tinggi. Oleh karena itu, manajemen sumber daya manusia (HRM) sangat kritis dalam organisasi dan memerlukan kepemimpinan dan budaya organisasi yang tepat. Dalam konteks ini, studi ini bertujuan untuk menyelidiki peran Kepemimpinan yang melayani dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (JS). Studi kuantitatif ini menganalisis hubungan sebab-akibat dari data yang diperoleh dari 147 responden dengan skala Likert lima poin. Data dikumpulkan melalui instrumen kuesioner yang terdiri dari tiga jenis data demografis dan dua puluh pernyataan dalam kuesioner. Kami menggunakan program SPSS dan AMOS dengan alat Analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasilnya menunjukkan bahwa budaya organisasi dan kepemimpinan yang melayani berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja, sementara kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap keterlibatan karyawan dan produktivitas kerja. Namun, hipotesis yang memprediksi bahwa keterlibatan karyawan mempengaruhi produktivitas kerja tidak didukung secara empiris. Secara keseluruhan, studi kami memberikan arah bagaimana kebijakan organisasi secara strategis meningkatkan produktivitas karyawan melalui kepemimpinan yang melayani, budaya organisasi, dan kepuasan kerja karyawan. date: 2025-04 date_type: published publication: Jurnal Ekonomi dan Bisnis volume: 28 number: 1 publisher: Universitas Kristen Satya Wacana pagerange: 221-246 refereed: TRUE issn: ISSN 1979-6471 E-ISSN 2528-0147 citation: Mikhriani, -- and Ahmad Dani Virsal, - and Suddin Lada, - (2025) Employee engagement, job satisfaction, organizational culture, and servant leadership as drivers of worker productivity. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 28 (1). pp. 221-246. ISSN ISSN 1979-6471 E-ISSN 2528-0147 document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71728/1/Employee%20engagement%2C%20job%20satisfaction%2C%20organizational%20culture%2C%20and%20servant%20leadership%20as%20drivers%20of%20worker%20productivity.pdf