@mastersthesis{digilib71737, month = {June}, title = {NILAI-NILAI BUDAYA DALAM BUKU TEKS BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH PESANTREN UMMUSSHABRI KENDARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN MULTIKULTURAL}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 23204021033 Khofifah}, year = {2025}, note = {Prof. Dr. H. Maksudin, M.Ag.}, keywords = {Bahasa Arab, Buku Teks, Multikultural, Nilai-Nilai Budaya}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71737/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai-nilai budaya dalam buku teks bahasa Arab Madrasah Aliyah Pesantren Ummu{\d s}{\d s}habri Kendari perspektif pendidikan multikultural. Jenis penelitian yakni kualitatif deskriptif dengan content analysis. Teknik pengumpulan data melalui, observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dilakuan dengan cara reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan tiga macam triangulasi, triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Urgensi nilai-nilai budaya dalam buku teks bahasa Arab Madrasah Aliyah Pesantren Ummu{\d s}{\d s}habri Kendari yakni, bahasa tidak hanya sebagai alat komunikasi, tetapi juga sarana untuk memahami budaya dan ajaran Islam. Nilainilai budaya lokal terdapat pada tema perkenalan, keluarga, sekolah, kegiatan sehari-hari, hobi, makanan dan minuman. Sedangkan, nilai-nilai budaya nasional pada tema belanja, kesehatan, agama di Indonesia, dan belajar di perguruan tingi. Nilai-nilai budaya global terdapat pada tema perjalanan dan pariwisata, Haji dan Umroh, teknologi informasi dan komunikasi, serta tema olahraga, pemuda, Syiir Arab, dan peradaban Islam. Nilai-nilai budaya yang diintegrasikan yakni dimensi power distance indeks, individualism versus kolektivisme, uncertainty avoidance index, masculinity versus feminity, long term orientation, indulgence versus restraint. Hasil penelitian perspektif pendidikan multikultural menunjukkan bahwa content integration, prejudice reduction, an empowering school culture and social structure, knowledge contructions, dan an equity pedagogy. Implikasi dari penelitian terhadap pengembangan buku teks yakni perlu adanya perluasan konten agar budaya Sulawesi Tenggara dapat terwakili dalam buku teks bahasa Arab Madrasah Aliyah Pesantren Ummu{\d s}{\d s}habri Kendari.} }