eprintid: 71737 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/17/37 datestamp: 2025-07-09 08:12:12 lastmod: 2025-07-09 08:12:12 status_changed: 2025-07-09 08:12:12 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Khofifah, NIM.: 23204021033 title: NILAI-NILAI BUDAYA DALAM BUKU TEKS BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH PESANTREN UMMUSSHABRI KENDARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN MULTIKULTURAL ispublished: pub subjects: 492.77 divisions: p-ba full_text_status: restricted keywords: Bahasa Arab, Buku Teks, Multikultural, Nilai-Nilai Budaya note: Prof. Dr. H. Maksudin, M.Ag. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai-nilai budaya dalam buku teks bahasa Arab Madrasah Aliyah Pesantren Ummuṣṣhabri Kendari perspektif pendidikan multikultural. Jenis penelitian yakni kualitatif deskriptif dengan content analysis. Teknik pengumpulan data melalui, observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dilakuan dengan cara reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan tiga macam triangulasi, triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Urgensi nilai-nilai budaya dalam buku teks bahasa Arab Madrasah Aliyah Pesantren Ummuṣṣhabri Kendari yakni, bahasa tidak hanya sebagai alat komunikasi, tetapi juga sarana untuk memahami budaya dan ajaran Islam. Nilainilai budaya lokal terdapat pada tema perkenalan, keluarga, sekolah, kegiatan sehari-hari, hobi, makanan dan minuman. Sedangkan, nilai-nilai budaya nasional pada tema belanja, kesehatan, agama di Indonesia, dan belajar di perguruan tingi. Nilai-nilai budaya global terdapat pada tema perjalanan dan pariwisata, Haji dan Umroh, teknologi informasi dan komunikasi, serta tema olahraga, pemuda, Syiir Arab, dan peradaban Islam. Nilai-nilai budaya yang diintegrasikan yakni dimensi power distance indeks, individualism versus kolektivisme, uncertainty avoidance index, masculinity versus feminity, long term orientation, indulgence versus restraint. Hasil penelitian perspektif pendidikan multikultural menunjukkan bahwa content integration, prejudice reduction, an empowering school culture and social structure, knowledge contructions, dan an equity pedagogy. Implikasi dari penelitian terhadap pengembangan buku teks yakni perlu adanya perluasan konten agar budaya Sulawesi Tenggara dapat terwakili dalam buku teks bahasa Arab Madrasah Aliyah Pesantren Ummuṣṣhabri Kendari. date: 2025-06-02 date_type: published pages: 246 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Khofifah, NIM.: 23204021033 (2025) NILAI-NILAI BUDAYA DALAM BUKU TEKS BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH PESANTREN UMMUSSHABRI KENDARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71737/1/23204021033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71737/2/23204021033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf