%0 Thesis %9 Skripsi %A Muhamad Nabhan Kabbani, NIM.: 21104020024 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:71739 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kurikulum Bahasa Arab, Madrasah Tsanawiyah, Struktural Bloomfield %P 121 %T MANHAJ AL-LUGHAH AL-ARABIYAH BI-AL-MADRASAH AL-THANAWIYAH MIN MANZUR MADHHAB BLUMFILID AL-TARKIBIYAH %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71739/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kurikulum bahasa Arab pada Madrasah Tsanawiyah yang ditinjau dari perspektif aliran struktural Leonard Bloomfield dari segi tujuan, materi, metode, dan penilaian pengajaran ataupun pembelajarannya. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (Library Research). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Sementara untuk teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis isi (Content Analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) tujuan pengajaran bahasa Arab pada Madrasah Tsanawiyah memiliki kesesuaian dengan aliran struktural Bloomfield dalam hal pengembangan keterampilan berbahasa yang sistematis dan terstruktur, namun tujuan yang bersifat afektif dan filosofis secara prinsip tidak termasuk dalam fokus utama aliran ini yang menintikberatkan pada spek linguistik murni. 2) materi pengajaran bahasa Arab pada Madrasah Tsanawiyah secara umum telah sesuai dengan pandangan struktural Bloomfield dengan menyajikan pola-pola kalimat dasar dan sederhana yang dapat dilatihkan melalui metode pengulangan dan imitasi. 3) metode pengajaran bahasa Arab yang ideal menurut aliran struktural ini adalah metode Audiolingual, yang mendukung pembentukan kebiasaan linguistik melalui latihan berulang terhadap pola-pola bahasa. 4) penilaian pengajaran bahasa Arab dalam pandangan aliran struktural difokuskan pada evaluasi penguasaan bentuk bahasa seperti struktur gramatikal, sintaksis, dan morfologi. %Z Dr. Muhajir, S.Pd.I, M.SI