TY - THES N1 - Dr. Agung Setyawan, S.Pd.I., M.Pd.I. ID - digilib71741 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71741/ A1 - Naili Sangadatun Dardini, NIM.: 21104020041 Y1 - 2025/06/02/ N2 - Isim al-ma?rifah dalam surah al-mulk memiliki banyak ragam jenis dengan fungsi sintaksis yang berbeda-beda. Keberagaman tersebut, seringkali menimbulkan kesulitan bagi peserta didik dalam membedakan dan memahami penggunaannya. Sehingga diperlukan kajian mendalam serta metode pembelajaran yang sesuai agar materi dapat tersampaikan dengan baik. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui macam-macam isim al-ma?rifah dalam surah Al-Mulk, 2) Untuk mengetahui kedudukan isim al-ma?rifah dalam surah Al-Mulk, 3) Untuk mengetahui metode pembelajaran isim al-ma?rifah dalam pembelajaran nahwu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah isim al-ma?rifah dalam surah Al-Mulk. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan dokumentasi melalui membaca, mencatat, dan mereview sejumlah literature yang berkaitan dengan isim al-ma?rifah. Instrumen penelitian ini berupa kartu data. Analisis data menggunakan analisis isi melalui mengorganisasikan data, menjabarkan ke dalam unit-unit analisis, melakukan penggabungan, menyusun ke dalam pola, dan memilih serta memilah antara yang penting yang akan dipelajari dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dalam surah Al-Mulk peneliti menemukan 229 isim al-ma?rifah yang terdiri atas 135 isim ?am?r, 4 isim ?alam, 4 isim isyarah, 22 isim mau??l, 38 isim al-mu?arraf bi-al, dan 26 isim al-mu?af ila al-ma?rifah. 2) Peneliti telah menemukan berbagai macam kedudukan isim al-ma?rifah dalam surah Al-Mulk yaitu: fa?il sebanyak 74, naib al-fa?il sebanyak 2, mubtada? sebanyak 26, khabar sebanyak 12, isim kana wa akhwatuha sebanyak 6, isim takadu sebanyak 1, maf??l bih sebanyak 29, isim inna sebanyak 3, ?araf al-makan sebanyak 3, na?at sebanyak 4, ma?thuf sebanyak 5, badal sebanyak 3, mu?af ilaih sebanyak 26, dan majr?r bi al-?arfi sebanyak 35. 3) Dalam pembelajaran nahwu pada materi isim al-ma?rifah, peneliti memilih menggunakan dua metode, yaitu metode deduktif dan metode induktif. Karena pembelajaran ini menggunakan sumber dari Surah Al-Mulk, maka peneliti tidak membatasi pada satu metode saja agar proses pembelajaran menjadi lebih fleksibel. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Isim Al-Ma?rifah KW - Surah Al-Mulk KW - Sintaksis KW - Metode Pembelajaran M1 - skripsi TI - ISM AL-MA'RIFAH FI SURAH AL-MULK WA TARIQAT TA'LIMIH (AL-TAHLIL AL-NAHWI) AV - restricted EP - 115 ER -