eprintid: 71743 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/17/43 datestamp: 2025-07-10 04:48:09 lastmod: 2025-07-10 04:48:09 status_changed: 2025-07-10 04:48:09 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Riana Nida Ma’rifah, NIM.: 21104020049 title: FA'ALIYAT USLUB AT-TA'ALLUM AL-HARAKI FI AS-SAFF AR-RIYADI AL-KHAS BI-MADRASAT MUHAMMADIYAH "7" AL-ALIYAH, YUJYAKARTA LI-AS-SANAH AD-DIRASIYAH 2024/2025 M ispublished: pub subjects: 492.77 divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Bahasa Arab, Kelas Khusus Olahraga, dan Model Pembelajaran Kinestetik. note: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag. abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran bahasa Arab yang sedang berlangsung di kelas khusus olahraga, mengujicobakan model pembelajaran kinestetik, serta menguji efektivitas model kinestetik dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain kuasi eksperimen (Quasi Experimental Design). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kinestetik, sedangkan variabel terikatnya adalah kelas khusus olahraga. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas khusus olahraga di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta tahun ajaran 2024/2025, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, serta uji N-gain dengan bantuan bantuan software aplikasi IBM SPSS Statistics 23. Hasil penelitian eksperimen ini adalah: 1) Pembelajaran bahasa Arab di kelas khusus olahraga masih bersifat pasif dan didominasi metode ceramah, dengan siswa lebih nyaman membaca teks bertransliterasi. 2) Penerapan model pembelajaran kinestetik melalui aktivitas fisik seperti game edukatif yang melibatkan gerakan fisik berhasil meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. 3) Model pembelajaran kinestetik ini terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar, yang dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,001 (< 0,05) pada uji-t, yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. date: 2025-06-02 date_type: published pages: 156 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Riana Nida Ma’rifah, NIM.: 21104020049 (2025) FA'ALIYAT USLUB AT-TA'ALLUM AL-HARAKI FI AS-SAFF AR-RIYADI AL-KHAS BI-MADRASAT MUHAMMADIYAH "7" AL-ALIYAH, YUJYAKARTA LI-AS-SANAH AD-DIRASIYAH 2024/2025 M. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71743/1/21104020049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71743/2/21104020049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf