%0 Thesis %9 Skripsi %A Mustofa Zaini Abdillah, NIM.: 21104020050 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:71744 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Qiro’ah al-Kutub, Bahtsul Kutub, dan Pembelajaran Bahasa Arab %P 156 %T TATBIQ MADDAT QIRAAT AL-KUTUB 'ALA TARIQAT "BAHTH AL-KUTUB" LIL-MUNAQASHAH FI AL-MADRASAH AL-DINIYAH AL-ISLAMIYAH HIDAYAT AL-MUBTADI'IN KOTAGEDE %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71744/ %X Penelitian ini dilakukan di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi-ien yang bertujuan untuk mengetahui penerapan mata pelajaran qiro’ah al-kutub dengan metode bahtsul kutub. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan mata pelajaran qiro’ah al-kutub dengan metode bahtsul kutub di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi-ien, (2) faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran qiro’ah al-kutub dengan metode bahtsul kutub di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi-ien. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sample berupa purposive sampling dengan memilih individu tertentu seperti Kepala Madrasah, Ketua Pondok, Pengurus Madrasah, Ustadz pengampu dan santri Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi-ien Kotagede yang dianggap memahami tentang penerapan mata pelajaran qira’ah al-kutub di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi-ien. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan: (1) proses pembelajaran qiro’ah al kutub dengan metode bahtsul kutub di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi-ien Kotagede, (2) faktor pendukung dalam pembelajaran qiro’ah al-kutub dengan metode bahtsul kutub berupa guru yang mumpuni, antusiasme santri dan ketersediaan kitab referensi. Sedangkan faktor penghambat yang menjadi tantangan dalam pembelajaran qiro’ah al-kutub dengan metode bahtsul kutub berupa kurangnya persiapan santri, rasa grogi dan kesulitan mencari ibaroh %Z Dr. Nasiruddin, M.Pd.