%A NIM.: 21104020063 Isma Aida Syahfitri Munthe %O Nurhapsari Pradnya Paramita, M.Pd.I. %T FA'ALIYAH ISTIKHDAM WASILAH "IDUKABLAY" FI TA'LIM MAHARAH AL-QIRAAH LI-TALABAH AS-SAFF AL-'ASHIR BI-MADRASAH MUHAMMADIYAH AS-SABIAH ATH-THANAWIYAH YOGYAKARTA %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan maharah qira'ah (keterampilan membaca bahasa Arab) siswa kelas X SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta, yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang monoton dan kurang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media Educaplay dalam pembelajaran maharah qira'ah siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XE4 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media Educaplay dan kelas XE3 sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional, masing-masing berjumlah 28 siswa. Instrumen penelitian meliputi tes pretest dan posttest, observasi, serta dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji N-Gain, dan uji t-test dengan bantuan software IBM SPSS Statistics 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan media Educaplay dalam pembelajaran maharah qira'ah dilaksanakan melalui tiga tahap treatment, yaitu pengenalan kosakata lalu melafalkan kosa kata tersebut dengan benar, diskusi kelompok terkait perpustakaan kota , dan kuis interaktif berbasis Educaplay. (2) Penggunaan media Educaplay cukup efektif dalam pembelajaran maharah qira’ah dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 64,47% dan hasil uji t-test yang menunjukan nilai signifikansi 0,000 (<0,05). %K Media Pembelajaran, Educaplay, Maharah Qira’ah, Bahasa Arab. %D 2025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib71745