TY - THES N1 - Media Interaktif, Wordwall, Hasil Belajar Kognitif, Bahasa Arab, Sekolah Dasar ID - digilib71748 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71748/ A1 - Megan Andika Yatin Putri, NIM.: 21104020069 Y1 - 2025/05/14/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dalam pembelajaran bahasa Arab, rendahnya hasil belajar kognitif siswa dalam penguasaan kosakata dan tata bahasa dasar, serta kurangnya motivasi belajar siswa akibat metode pembelajaran yang kurang variatif dan tidak sesuai dengan karakteristik sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan efektivitas media interaktif Wordwall dalam meningkatkan hasil belajar kognitif bahasa Arab, menganalisis mekanisme peningkatan hasil belajar, dan mengidentifikasi kelebihan serta kekurangan media tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen one group pre-test and post-test. Desain quasi-eksperimen one group pre-test and post-test adalah desain yang melibatkan satu kelompok yang diberi pre-test (O?), kemudian diberi perlakuan atau intervensi (X), dan setelah itu dilakukan post-test (O?). Keberhasilan perlakuan atau intervensi ditentukan dengan membandingkan skor pre-test dan post-test. Sampel penelitian melibatkan siswa kelas 6 SD Muhammadiyah Kolombo Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media interaktif Wordwall secara signifikan meningkatkan hasil belajar kognitif bahasa Arab siswa. Berdasarkan hasil uji paired samples t-test, diperoleh nilai signifikansi p < 0,001, sehingga H? ditolak dan H? diterima. Terjadi peningkatan rata-rata nilai dari pretest (65,04) menjadi posttest (80,00) dengan selisih sebesar 14,96 poin. Media interaktif Wordwall berhasil meningkatkan hasil belajar melalui elemen gamifikasi yang meningkatkan motivasi, format permainan yang menciptakan suasana belajar menyenangkan, tampilan visual dan fitur interaktif yang memfasilitasi retensi kosakata, serta transformasi siswa dari pasif menjadi aktif. Kelebihan media ini meliputi interaktivitasnya yang menarik, keberagaman template permainan, dan kompatibilitas dengan berbagai perangkat, sementara kekurangannya mencakup keterbatasan fitur pada versi gratis, ketergantungan pada koneksi internet, kesulitan menampilkan karakter Arab, dan kurva pembelajaran bagi guru. Meskipun efektivitas pembelajaran tergolong sedang berdasarkan analisis N-Gain (0,4563), penelitian ini menyimpulkan bahwa multimedia interaktif Wordwall memiliki potensi signifikan sebagai strategi pembelajaran efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif bahasa Arab di tingkat sekolah dasar PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Dr. Hj. R Umi Baroroh KW - S.Ag KW - M.Ag. M1 - skripsi TI - TAJRIBAT AL-WASAIT AL-MUTA'ADDIDAH AL-TAFA'ULIYAH "WORDWALL" FI TARQIYAT NATA'IJ AL-TA'ALLUM AL HURUFI LIL-LUGHAH AL-'ARABIYAH LI-TULLAB AL-SAFF AL-SADIS BI-MADRASAH MUHAMMADIYAH KOLOMBO AL-IBTIDAIYAH YOGYAKARTA AL-SANAH AL-DIRASIYAH 2024/2025 AV - restricted EP - 220 ER -