eprintid: 71748 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/17/48 datestamp: 2025-07-10 05:07:09 lastmod: 2025-07-29 07:45:15 status_changed: 2025-07-10 05:07:09 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Megan Andika Yatin Putri, NIM.: 21104020069 title: TAJRIBAT AL-WASAIT AL-MUTA'ADDIDAH AL-TAFA'ULIYAH "WORDWALL" FI TARQIYAT NATA'IJ AL-TA'ALLUM AL HURUFI LIL-LUGHAH AL-'ARABIYAH LI-TULLAB AL-SAFF AL-SADIS BI-MADRASAH MUHAMMADIYAH KOLOMBO AL-IBTIDAIYAH YOGYAKARTA AL-SANAH AL-DIRASIYAH 2024/2025 ispublished: pub subjects: 371.33 divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Dr. Hj. R Umi Baroroh, S.Ag, M.Ag. note: Media Interaktif, Wordwall, Hasil Belajar Kognitif, Bahasa Arab, Sekolah Dasar abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dalam pembelajaran bahasa Arab, rendahnya hasil belajar kognitif siswa dalam penguasaan kosakata dan tata bahasa dasar, serta kurangnya motivasi belajar siswa akibat metode pembelajaran yang kurang variatif dan tidak sesuai dengan karakteristik sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan efektivitas media interaktif Wordwall dalam meningkatkan hasil belajar kognitif bahasa Arab, menganalisis mekanisme peningkatan hasil belajar, dan mengidentifikasi kelebihan serta kekurangan media tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen one group pre-test and post-test. Desain quasi-eksperimen one group pre-test and post-test adalah desain yang melibatkan satu kelompok yang diberi pre-test (O₁), kemudian diberi perlakuan atau intervensi (X), dan setelah itu dilakukan post-test (O₂). Keberhasilan perlakuan atau intervensi ditentukan dengan membandingkan skor pre-test dan post-test. Sampel penelitian melibatkan siswa kelas 6 SD Muhammadiyah Kolombo Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media interaktif Wordwall secara signifikan meningkatkan hasil belajar kognitif bahasa Arab siswa. Berdasarkan hasil uji paired samples t-test, diperoleh nilai signifikansi p < 0,001, sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Terjadi peningkatan rata-rata nilai dari pretest (65,04) menjadi posttest (80,00) dengan selisih sebesar 14,96 poin. Media interaktif Wordwall berhasil meningkatkan hasil belajar melalui elemen gamifikasi yang meningkatkan motivasi, format permainan yang menciptakan suasana belajar menyenangkan, tampilan visual dan fitur interaktif yang memfasilitasi retensi kosakata, serta transformasi siswa dari pasif menjadi aktif. Kelebihan media ini meliputi interaktivitasnya yang menarik, keberagaman template permainan, dan kompatibilitas dengan berbagai perangkat, sementara kekurangannya mencakup keterbatasan fitur pada versi gratis, ketergantungan pada koneksi internet, kesulitan menampilkan karakter Arab, dan kurva pembelajaran bagi guru. Meskipun efektivitas pembelajaran tergolong sedang berdasarkan analisis N-Gain (0,4563), penelitian ini menyimpulkan bahwa multimedia interaktif Wordwall memiliki potensi signifikan sebagai strategi pembelajaran efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif bahasa Arab di tingkat sekolah dasar date: 2025-05-14 date_type: published pages: 220 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Megan Andika Yatin Putri, NIM.: 21104020069 (2025) TAJRIBAT AL-WASAIT AL-MUTA'ADDIDAH AL-TAFA'ULIYAH "WORDWALL" FI TARQIYAT NATA'IJ AL-TA'ALLUM AL HURUFI LIL-LUGHAH AL-'ARABIYAH LI-TULLAB AL-SAFF AL-SADIS BI-MADRASAH MUHAMMADIYAH KOLOMBO AL-IBTIDAIYAH YOGYAKARTA AL-SANAH AL-DIRASIYAH 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71748/1/21104020069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71748/2/21104020069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf