@mastersthesis{digilib71780, month = {June}, title = {PENGARUH PENERAPAN METODE KAUNY QUANTUM MEMORY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL DAN URUTAN ASMAUL HUSNA PADA ANAK KELOMPOK B DI RA ANAK SHALEH SUWAYUWO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN PASURUAN}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 23204031003. Adela Tsamrotul Fikriyah}, year = {2025}, note = {Dr. Ichsan, M. Pd}, keywords = {menghafal, urutan Asmaul Husna; metode Kauny Quantum Memory}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71780/}, abstract = {Usia dini merupakan masa keemasan perkembangan anak yang sangat responsif terhadap stimulasi, termasuk dalam hal menghafal dan mengurutkan. Di RA Anak Shaleh Suwayuwo, banyak anak usia 5?6 tahun mengalami kesulitan dalam menghafal dan memahami Asmaul Husna. Tujuan penelitian ini guna untuk memahami: (1) pengaruh metode Kauny Quantum Memory pada kemampuan mengahafal anak kelompok B, (2) pengaruh metode Kauny Quantum Memory pada kemampuan urutan Asmaul Husna pada anak kelompok B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Proses penelitian dilakukan menggunakan observasi atau pengamatan dalam 2 kelompok pembelajaran, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, serta menggunakan proses dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di RA Anak Shaleh Suwayuwo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan. Teknik dalam pengambilan sampel yakni dengan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun sampel penelitian yang digunakan berjumlah 40 anak, 20 anak kelas B1 yang akan menjadi kelompok eksperimen dan 20 anak kelas B2 yang akan menjadi kelompok kontrol. Desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design, untuk mengatahui perkembangan kemampuan menghafal dan urutan Asmaul Husna. Teknik analisis data melalui aplikasi SPSS 25 dengan analisis deskriptif untuk mencari informasi dari kondisi subyek berupa kemampuan menghafal dan urutan Asmaul Husna anak kelompok B (5-6 tahun) dalam bentuk data angka deskriptif berupa (mean, median, modus, range, standart deviasi, varian, nilai minimal dan nilai maksimal). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) metode Kauny Quantum Memory (X) berpengaruh signifikan pada kemampuan menghafal (Y1) dengan t-hitung posttest kelompok eksperimen sebesar -8.917 dengan taraf signifikan 0.00 {\ensuremath{<}} 0,005. (2) Metode Kauny Quantum Memory (X) berpengaruh pada kemampuan urutan Asmaul Husna (Y2) dengan t-hitung posttest kelompok eksperimen sebesar -6.711 dengan taraf signifikan 0.00 {\ensuremath{<}} 0,005.} }