relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71781/ title: STRATEGI PENANAMAN KEMAMPUAN LITERASI FINANSIAL DAN EXECUTIVE FUNCTION MELALUI PROGRAM MARKET DAY ANAK USIA DINI creator: Puput Nurhayati, NIM.: 23204031002 subject: 372.21 Pendidikan Pra Sekolah/Pendidikan Anak Usia Dini subject: 374.012 4 Pendidikan dan Literasi description: Pemahaman pentingnya kemampuan literasi finansial seharusnya dikenalkan kepada anak sejak usia dini bersamaan dengan pengembangan executive function, yang mencakup keterampilan kognitif anak seperti perencanaan, pemecahan masalah, dan pengendalian diri. Kedua hal ini dapat membentuk pembiasaan anak dalam mengelola keuangan dan pengambilan keputusan finansial secara bijak. Di Indonesia terdapat peningkatan literasi finansial, namun masih terdapat kesenjangan antara literasi dan inklusi keuangan. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemahaman dan penanaman literasi finansial dan kemampuan executive function secara tepat. Tujuan penelitian untuk meneliti strategi penanaman literasi finansial dan kemampuan eksekutif function melalui program Market Day anak usia dini. Jenis penelitian kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelompok A dan B di TK AGFA School Ponorogo usia 4-6 tahun sebanyak 49 orang siswa, 2 orang guru kelas dan 3 orang tua. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman terdiri 4 tahapan yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan tahap terakhir penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data primer yaitu narasumber guru, narasumber siswa, narasumber orang tua dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, guru menerapkan strategi penanaman literasi finansial dan kemampuan executive function melalui pengalaman langsung dalam program Market Day, antara lain menggunakan video edukatif, seni dan kreativitas anak, demonstrasi, bermain peran, kunjungan luar sekolah (ke minimarket), menggunakan media yang menarik, dan projek celengan mingguan. Kedua, implikasi program ini berdampak terhadap pemahaman anak mengenai konsep ekonomi dasar, serta pengembangan kemampuan executive function, terutama dalam pengambilan keputusan, regulasi emosi, tanggung jawab dan kemandirian. Ketiga, kelebihan program ini terletak pada pendekatan pembelajaran kontekstual yang melibatkan anak secara aktif dan holistik. Kekurangan program ini terdapat tantangan, diantaranya perbedaan usia dan kemampuan anak, serta kurangnya keterlibatan sebagian orang tua. date: 2025-06-10 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71781/1/23204031002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71781/2/23204031002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Puput Nurhayati, NIM.: 23204031002 (2025) STRATEGI PENANAMAN KEMAMPUAN LITERASI FINANSIAL DAN EXECUTIVE FUNCTION MELALUI PROGRAM MARKET DAY ANAK USIA DINI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.