eprintid: 71821 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/18/21 datestamp: 2025-07-14 06:43:57 lastmod: 2025-07-14 06:43:57 status_changed: 2025-07-14 06:43:57 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Ahmad Rizki Ramadhan, NIM.: 23204021037 title: PENGEMBANGAN WEBSITE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MTsN 07 SLEMAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: 492.77 divisions: p-ba full_text_status: restricted keywords: hasil belajar; minat; pendekatan konstruktivisme; website pembelajaran note: Dr. Muhammad Ja’far Shodiq, M.S.I abstract: Permasalahan utama pada penelitian ini terletak pada minat dan hasil belajar siswa kelas 7 di MTs Negeri 07 Sleman Yogyakarta. Rasa bosan mempengaruhi nilai belajar, meskipun pendidik telah menerapkan media pembelajaran digital, namun belum optimal. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran bahasa Arab melalui pendekatan konstruktivisme pada minat dan hasil belajar siswa MTsN 07 Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan berupa Research and Development dengan menerapkan model pengembangan ADDIE meliputi tahapan analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek penelitian ialah siswa kelas VII B MTsN 07 Sleman Yogyakarta, dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Efektivitas produk pada hasil belajar diuji melalui perhitungan SPSS 25, meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas, paired sample t-test, dan N-Gain. Sedangkan menilai minat belajar siswa melalui penggunan produk, dilaksanakan sebaran angket kepuasan siswa dalam belajar bahasa Arab menggunakan produk website. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) produk website pembelajaran Yadayya.site melalui pendekatan konstruktivisme dirancang sebagai media pembelajaran kelas terhadap peningkatan minat dan hasil belajar siswa secara efektif dan optimal. (2) Hasil uji paired sample t-test dengan mendapatkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05, menunjukkan efektivitas website pada pembelajaran bahasa Arab. Selain itu, uji N-gain mendapati persentase 58,61%dengan kategori “cukup” efektif pada hasil belajar siswa. Hasil sebaran angket minat kepada siswa mendapati persentase 78%, sehingga terdapat peningkatan minat belajar siswa setelah penggunaan produk. date: 2025-06-10 date_type: published pages: 185 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Ahmad Rizki Ramadhan, NIM.: 23204021037 (2025) PENGEMBANGAN WEBSITE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MTsN 07 SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71821/1/23204021037BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71821/2/23204021037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf