@mastersthesis{digilib71825, month = {June}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SMART APPS CREATOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AT-TARK{\=I}B SISWA MAN 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 23204021036 Wafa? Rizqiyya Adira}, year = {2025}, note = {Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.S.I.}, keywords = {hasil belajar; media pembelajaran; smart apps creator}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71825/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa kelas X MAN 2 Yogyakarta dalam mengakses media pembelajaran at-tark{\=i}b. Media yang diterapkan sebelumnya telah mendukung pemahaman siswa dalam mempelajari attark{\=i}b, namun belum sepenuhnya efektif untuk diakses secara aktif oleh siswa. Akibatnya, siswa tidak dapat mengakses materi secara fleksibel. Salah satu solusi bagi permasalahan ini adalah dengan mengembangkan media pembelajaran yang fleksibel dan siswa mampu mengakses materi di dalamnya secara aktif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran at-tark{\=i}b berbasis Smart Apps Creator serta mengetahui efektivitasnya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch, terdiri atas lima tahapan, meliputi Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ialah siswa kelas X MAN 2 Yogyakarta, dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Efektivitas produk diuji melalui perhitungan SPSS 16, meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas paired sample t-test, dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Problem pembelajaran bahasa Arab di MAN 2 Yogyakarta berkaitan dengan media pembelajaran dalam penyampaian materi at-tark{\=i}b. (2) Tark{\=i}bun{\=a} adalah produk media pembelajaran at-tark{\=i}b berbasis Smart Apps Creator dirancang untuk membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar, terdiri dari 6 bab materi disajikan dengan tampilan multimedia, dilengkapi kuis interaktif sebagai asesmen formatif, glosarium, serta asesmen sumatif. (3) Paired sample t-test menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa dengan nilai sig 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05, serta skor N-Gain 0,57 dengan kategori sedang dan persentase N-Gain 57,83\% menunjukkan kriteria cukup efektif. Dengan demikian, media pembelajaran at-tark{\=i}b berbasis Smart Apps Creator dapat menjadi inovasi dalam menyajikan materi secara aktif dan menarik.} }