TY - THES N1 - Dr. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag ID - digilib71826 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71826/ A1 - Siti Nurhasana Mokodompit, NIM.: 23204021034 Y1 - 2025/06/03/ N2 - Latar belakang pada penelitian ini adalah kurangnya keterampilan menulis bahasa Arab peserta didik kelas X MAN 2 Sleman, metode dan strategi monoton dalam proses belajar mengajar oleh guru pengampu, serta belum terdapatnya inovasi pembelajaran bahasa Arab yang berkaitan dengan keterampilan menulis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengembangkan aplikasi Kha? naskh?, sebagai suplemen mata pelajaran bahasa Arab khususnya untuk meningkatkan keterampilan menulis peserta didik kelas X MAN 2 Sleman. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (RnD) dengan menggunakan pendekatan ADDIE teori filosofi pendidikan oleh Robert Maribe Branch, subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MAN 2 Sleman Yogyakarta Tahun ajaran 2024/2025. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Microsoft excel dan untuk mengetahui peningkatan dari keterampilan menulis peserta didik menggunakan aplikasi Kha? naskh?, dan analisis akhir menggunakan paired sample t-Test dengan bantuan SPSS 27 untuk mengetahui keefektifitasan dari media tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) MAN 2 Sleman belum menggunakan Kha? naskh?, sebagai kaidah dasar untuk keterampilan menulis bahasa Arab, peserta didik dibebaskan menulis yang penting tulisannya bisa dibaca. (2) Penelitian ini menggunakan model prosedur pengembangan yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch. Pengembangan dilakukan dengan menganut folosofi pendidikan penerapan ADDIE atau (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). (3) Uji efektivitas diperoleh nilai sig< 0.05 atau 0,000< 0,05 maka dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas pretest eksperimen dan posttest eksperimen. Dengan hasil N-Gain Score sebesar 1877 yang berarti nilai tersebut >0,7 atau 1.877>0,7 dan mendapatkan kategori Tinggi dengan N-Gain% 76, dengan ketentuan jika N-Gain persen ? 76 maka dikatakan efektif, berdasarkan pernyataan tersebut maka dinyatakan aplikasi Kha? naskh?, efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis peserta didik kelas X MAN 2 Sleman Yogyakarta. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - aplikasi; maharah kitabah; keterampilan menulis M1 - masters TI - PENGEMBANGAN APLIKASI KHAT NASKHI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK KELAS X MAN 2 SLEMAN AV - restricted EP - 142 ER -