relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71827/ title: PENGEMBANGAN E-MODUL TOAFL TERINTEGRASI QUIZIZZ DENGAN MODEL DRILL AND PRACTICE UNTUK MAHASISWA STUDI ISLAM INTERDISIPLINER UNU YOGYAKARTA creator: Khoirul Mubin, NIM.: 23204021012 subject: 492.78 Bahasa Arab - Media Pembelajaran description: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai permasalahan dalam pembelajaran al-‘Arabiyyah li al-Akādīmiyyah yang berorientasi pada tes TOAFL yang mencakup fahm al-masmū‘, fahm al-tarākīb, dan fahm al-maqrūˈ. Permasalahan utama yang diidentifikasi mencakup kesulitan mahasiswa dalam menjawab soal-soal TOAFL serta belum tersedianya bahan ajar yang sistematis dan fleksibel, yang mendukung pembelajaran mandiri sekaligus berfungsi sebagai media latihan yang sesuai untuk persiapan menghadapi tes tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji efektifitas emodul TOAFL terintegrasi Quizizz dengan model drill and practice untuk mahasiswa Studi Islam Interdisipliner UNU Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 3 Program Studi Islam Interdisipiner UNU Yogyakarta. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Validasi kelayakan e-modul dilakukan oleh empat validator ahli, yang terdiri dari dua ahli materi dan dua ahli media. Untuk menguji efektivitas produk, digunakan metode eksperimen one-group pre-test post-test dengan teknik analisis data menggunakan paired sample t-test dan perhitungan N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penelitian ini menghasilkan produk berupa e-modul TOAFL dengan model drill and practice yang dinamakan al- ‘Arabiyyah li al-Akādīmiyyah, yang mencakup materi pada keterampilan yang diujikan pada tes TOAFL. E-modul bisa dapat diakses melalui link Heyzine yang dilengkapi audio, video, dan link Quizizz sebagai media latihan; (2) Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan rata-rata persentase kelayakan sebesar 91,18%, sedangkan oleh ahli media sebesar 83,33%, yang keduanya menunjukkan bahwa emodul ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran; (3) Uji efektivitas menunjukkan peningkatan pemahaman mahasiswa secara signifikan, dibuktikan dengan nilai paired sample t-test sebesar 0,000 (< 0,05), nilai N-Gain Score sebesar 0,6377 dengan kategori cukup efektif, serta respons positif mahasiswa sebesar 87,9%.ُ Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan e-modul TOAFL yang terintegrasi dengan Quizizz dengan menggunakan model drill and practice dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada keterampilan TOAFL. date: 2025-06-11 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71827/1/23204021012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71827/2/23204021012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Khoirul Mubin, NIM.: 23204021012 (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL TOAFL TERINTEGRASI QUIZIZZ DENGAN MODEL DRILL AND PRACTICE UNTUK MAHASISWA STUDI ISLAM INTERDISIPLINER UNU YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.