%A NIM.: 23204011025 Muhammad Syaiful Anwar %O Prof. Dr. Ibrahim, M.Pd. %T PENGARUH PROSES BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA MAGISTER PAI YANG BEKERJA DENGAN JENIS PEKERJAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI %X Fenomena mahasiswa magister yang menjalani perkuliahan sambil bekerja saat ini sudah menjadi hal yang umum ditemukan, baik dalam rangka mencari pengalaman, menambah biaya hidup, maupun sekedar mengisi waktu luang. Hal ini tentu dapat berdampak pada hasil akademik mereka, mengingat adanya tantangan dalam membagi waktu, energi, dan fokus antara dunia kerja dan kewajiban akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh proses belajar terhadap hasil belajar mahasiswa magister PAI yang bekerja dan menganalisis jenis pekerjaan dalam memoderasi pengaruh proses belajar terhadap hasil belajar mahasiswa magister PAI yang bekerja. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, dengan jumlah responden sebanyak 32 mahasiswa angkatan 2023 Program Magister PAI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Instrumen pengumpulan data berupa angket skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh langsung, serta regresi moderasi (model sub group) untuk menguji peran jenis pekerjaan dalam memoderasi hubungan antara proses belajar dan hasil belajar. Hasil ini terlihat dari nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, dan berdasarkan nilai uji t sebesar 5,305 lebih besar dari t tabel sebesar 1,695. Hasil ini menunjukkan bahwa proses belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa. Akan tetapi, jenis pekerjaan terbukti tidak menambah ataupun mnegurangi pengaruh yang terjadi antara proses belajar terhadap hasil belajar yang terlihat dari nilai F hitung sum square residual (SSR) antar kelompok sebesar 1,841 yang lebih kecil dari F tabel sebesar 3,32 yang diperkuat dengan nilai IP yang diperoleh seluruh mahasiswa yang tinggi secara konsisten, artinya mahasiswa dengan pekerjaan yang sesuai maupun tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan cenderung memperoleh hasil belajar yang konsisten. Temuan ini memberikan implikasi bahwa dalam konteks pendidikan jenjang magister, hal yang paling penting adalah peningkatan kualitas proses belajar mahasiswa, semakin baik kualitas proses belajarnya maka akan semakin baik juga hasil akademik yang diperoleh. %K proses belajar; hasil belajar; mahasiswa magister %D 2025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib71867