TY - THES N1 - Dr. Agung Setiyawan, M.Pd.I. ID - digilib71868 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71868/ A1 - Luthfi Qolbi Azzahra, NIM.: 23204021023 Y1 - 2025/06/05/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami teks bahasa Arab. Metode pembelajaran yang monoton dan berpusat pada buku LKS menjadi faktor utama problematika ini. Selain itu, pembelajaran saat ini menuntut adanya integrasi dengan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengembangan dan Efektifitas Media Pembelajaran Berbasis Komik Digital pada Ma??rah Qir?'ah Siswa MAN 1 Metro Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis (analisis), Desain (rancangan), Development (mengembangkan), Implementation (penerapan), dan Evaluation (evaluasi). Pengujian kelayakan komik digital dilakukan dengan meminta saran kepada ahli materi dan ahli media. Adapun untuk mengetahui efektivitas aplikasi, peneliti mengimplementasikan pada 30 siswa kelas X.11 MAN 1 Metro Lampung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, observasi, wawancara, dan angket. Data berupa angka akan dianalisis menggunakan uji Paired Sample T-Test dan uji N-Gain Score dengan bantuan IBM SPSS 26. Berdasarkan tahapan tersebut hasil dari penelelitian ini adalah 1) Produk komik digital (ArabiCom) yang dikembangkan dengan bantuan pixton web. Komik digital ini terdiri dari 3 tema materi semester genap kelas X Madrasah Aliyah dan dikembangkan menjadi 3 judul cerita komik. Cerita pada komik digital disajikan secara bentuk flip book agar menarik. 2) Peneliti menguji efektivitas komik digital dengan menggunakan uji Paired Sample T-Test dan uji N-Gain. Hasil uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai sig. (2.-tailed) pre-test dan post-test sebesar 0,000 yang mana < 0,05, yang mana Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan komik digital. Demikian juga dengan hasil uji N-Gain dengan hasil rata-rata 0,67 yang artinya termasuk dalam kategori sedang. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan komik digital pada pembelajaran ma??rah qir?'ah bahasa Arab cukup efektif untuk menunjang hasil belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah meningkatnya pemahaman siswa terhadap materi ma??rah qir?'ah bahasa Arab dengan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam merancang media pembelajaran yang lebih inovatif dan interaktif guna meningkatkan pemahaman siswa terhadap ma??rah qir?'ah bahasa Arab. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - media pembelajaran; maharah al-Qira'ah; komik digital M1 - masters TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK DIGITAL PADA MAHARAH QIRA'AH SISWA MAN 1 METRO LAMPUNG AV - restricted EP - 181 ER -