eprintid: 71907 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/19/07 datestamp: 2025-07-16 07:44:23 lastmod: 2025-07-16 07:44:23 status_changed: 2025-07-16 07:44:23 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Anisatul Fuadah, NIM.: 23204031009 title: EFEKTIVITAS METODE MEMBACA BUKU CERITA DALAM MENINGKATKAN PROSES BERPIKIR KRITIS DAN KEPEKAAN SOSIAL PADA ANAK USIA DINI ispublished: pub subjects: 372.21 divisions: piaud full_text_status: restricted keywords: metode membaca; buku cerita; berpikir kritis; kepekaan sosial note: Dr. Raden Rachmy Diana, S.Psi., M.A., Psi. abstract: Kemampuan berpikir kritis dan kepekaan sosial merupakan aspek penting dalam perkembangan anak usia dini yang perlu ditumbuhkan sejak dini. Namun, dalam praktik pendidikan di lapangan, kedua aspek ini sering kali belum mendapatkan perhatian yang optimal. Anak-anak masih cenderung mengalami kesulitan dalam menganalisis situasi, mengajukan pertanyaan, serta merespons kondisi sosial di sekitarnya secara empatik. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas metode membaca buku cerita dalam meningkatkan proses berpikir kritis dan kepekaan sosial pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen yang dilaksanakan di Banjar Timur, Gapura, Sumenep, Madura, dengan total 25 anak yang berusia 5-6 tahun sebagai sampel, terdiri dari 10 anak dalam Kelas kontrol dan 15 anak dalam Kelas eksperimen. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa kegiatan membaca buku cerita yang dipilih berdasarkan danhasil pre-test yang dirancang untuk menstimulasi keterampilan berpikir kritis dan kepekaan sosial. Pengolahan data dilakukan menggunakan aplikasi SPSS dengan teknik analisis meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas, paired sample t-test, dan N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode membaca buku cerita cukup efektif meningkatkan kemampuan anak, dengan rata-rata N-Gain berpikir kritis sebesar 0,5020 dan kepekaan sosial sebesar 0,5903, keduanya berada pada kategori sedang. Sementara itu, hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi < 0,05 (p < 0,05) yang menandakan terdapat perbedaan yang signifikan antara Kelas kontrol dan eksperimen. Dengan demikian, metode membaca buku cerita dapat digunakan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang bermanfaat dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kepekaan sosial anak usia dini. date: 2025-05-14 date_type: published pages: 187 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Anisatul Fuadah, NIM.: 23204031009 (2025) EFEKTIVITAS METODE MEMBACA BUKU CERITA DALAM MENINGKATKAN PROSES BERPIKIR KRITIS DAN KEPEKAAN SOSIAL PADA ANAK USIA DINI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71907/1/23204031009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71907/2/23204031009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf