@mastersthesis{digilib71909, month = {May}, title = {INTERNALISASI NILAI MODERASI BERAGAMA MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SMK YAPEMDA 1 SLEMAN}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 23204011024 Chandra Agustina Wardani}, year = {2025}, note = {Prof. Dr. H. Tasman Hamami, M.A}, keywords = {internalisasi; moderasi beragama; pembelajaran PAI}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71909/}, abstract = {Internalisasi moderasi beragama melalui PAI menghendaki siswa secara aktif menyerap, memahami dan mengadopsi nilai, konsep atau keterampilan yang berkaitan sembilan nilai yang ada dalam moderasi beragama. Proses ini tidak hanya sekedar menghafal informasi, namun lebih kepada membangun pemahaman yang mendalam sehingga nilai atau keterampilan tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.Output yang diharapkan dari adanya internalisasi melalui PAI siswa dapat menjadi individu yang memahami dan mampu mengamalkan nilai dalam lingkungan yang penuh dengan perbedaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses internalisasi nilai moderasi beragama melalui pembelajaran PAI, menemukan faktor yang mempengaruhi proses internalisasi nilai mdoerasi beragama melalui pembelajaran PAI, dan menguraikan pengamalan nilai moderasi beragama siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah SMK Yapemda 1 Sleman, guru PAI kelas XI, dan siswa kelas XI. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data yang meliputi tahapan selecting, focusing, abstracting, simplifing and transforming, kemudian dilanjutkan dengan penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun guna menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: 1) Proses internalisasi nilai moderasi beragama melalui PAI di SMK Yapemda 1 Sleman meliputi dua tahap yaitu tahap mentranformasikan dan tahap mendialogkan, 2) Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi proses internalisasi nilai moderasi beragama melalui PAI yang terdapat di SMK Yapemda 1 Sleman yang diklasifikasikan kepada faktor internal yaitu motivasi belajar siswa, pengalaman pribadi siswa dan kompetensi guru PAI. Adapun faktor eksternal yaitu komitmen kepala sekolah, media pembelajaran dan kondisi lingkungan sekolah 3) Pengamalan nilai moderasi beragama yang dapat diterapkan oleh siswa yaitu nilai keteladanan (qudwah) yang ditunjukkan dari sikap toleransi, saling menghargai dan tidak qudwah (keteladanan), islah (perbaikan), toleransi, al-la?unf (anti kekerasan), syura (musyawarah).} }