%0 Thesis %9 Masters %A Tegar Setia Budi, NIM.: 22204085007 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:71913 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K MNR; bernalar kritis; motivasi; hasil belajar %P 196 %T EFEKTIVITAS MATEMATIKA NALARIA REALISTIK (MNR) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71913/ %X Hasil PISA (2022) bahwa tingkat literasi numerasi siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Indonesia menduduki peringkat ke-67 dari 78 negara yang diteliti, dengan skor rata-rata 366. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan literasi numerasi ini adalah kurangnya pemberian stimulus kepada siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri. Selain itu, motivasi siswa yang rendah saat mengikuti pembelajaran matematika menjadi salah satu faktor dilakukannya penelitian ini, serta hasil Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) pada tahun 2023 juga menunjukkan masih tergolong C3. Didukung juga hasil ujian madrasah kelas 6 tahun 2023 menggambarkan bahwa tingkat pemahaman, kemahiran siswa pada mata Pelajaran matematika masih rendah. Maka dari hal itu diperlukan suatu metode pembelajaran yang dapat mengatasi masalah tersebut. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait dengan penggunaan metode MNR dalam pembelajaran matematika. Adapun penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui 1) efektivitas metode matematika nalaria realistik dalam meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa, 2) efektivitas metode matematika nalaria realistik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, 3) efektivitas metode matematika nalaria realistik dalam meningkatkan hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 55 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan validitas konstruk, reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha dan uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test (uji parametrik) dan uji Man Whitney (uji non parametrik). Uji analisis data dilakukan dengan menggunakan aplikasi Jamovi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Uji Mann-Whitney terhadap kemampuan bernalar kritis siswa menunjukkan adanya perbedaan peningkatan antara siswa yang mendapat perlakuan Matematika Nalaria Realistik dan pembelajaran konvensional pada materi pecahan. 2) Uji Uji Mann-Whitney posttest terhadap motivasi belajar menunjukkan perbedaan peningkatan motivasi antara kelas eksperimen yang menggunakan Matematika Nalaria Realistik dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional pada materi pecahan. 3) Uji Mann-Whitney terhadap pretest hasil belajar menunjukkan nilai signifikansi p = 0,835, sehingga Ho diterima dan H1 ditolak karena p>0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa setelah perlakuan, terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan Matematika Nalaria Realistik dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional pada materi pecahan. %Z Dr. Ichsan, M.Pd.